Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BELAKANGAN ini ramai diperbincangkan, individu yang telah mendapat dosis kedua Vaksin Sinovac boleh mendapatkan dosis ketiga. Pemberian dosis terakhir ini disebut-sebut sebagai booster. Benarkan demikian?

Dalam akun Instagramnya, dr Adam Prabata menjelaskan informasi mengenai efek ini yang berasal dari CEO Sinovac, bahwa akan terjadi 10 sampai 20 kali lipat peningkatan respon antibodi pada hari ke-7 hingga 15 setelah disuntikkan dosis ketiga Vaksin Sinovac. Namun klaim ini belum mendapatkan publikasi ilmiah.

"Jadi hingga saat ini belum diketahui pasti apakah suntikan ketiga dari Vaksin Sinovac benar-benar dibutukan, atau kapan sebaiknya suntikan ketiga itu diberikan," tulis dr Adam.

Dengan alasan demikian, tegas dr Adam, maka pemberian suntikan ketiga Vaksin Sinovac belum dianjurkan atau direkomendasikan untuk saat ini.

Sementara itu, profesor Wei Seng, dari School of Public Health of Tongji Medical College of Huazhong University of Science and Technology, menekankan, vaksin Sinovac cukup efektif melawan varian Delta. Pernyataan dilengkapi dengan hasil ujicoba terbaru.

Dan mengacu pengalaman pencegahan dan pengendalian epidemi di Guangzhou, risiko penyakit parah sangat berkurang terhadap mereka yang sudah divaksin dibanding yang belum mendapat vaksin.

Ini artinya, kata Wei Seng, vaksin Sinovac bersifat protektif. Apalagi jika dibarengi dengan langkah-langkah protokol kesehatan yang benar.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News