post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ANAK kecil kerapkali terjatuh dan terbentur kepalanya. Terkadang ada memar atau benjol di sekitar bekas terjatuh. Ada kalanya orangtua menganggap hal tersebut remeh, bahkan tidak sedikit pula yang mengatasi benjol di kepala si kecil dengan mengusapkan rambut Bundanya. Tradisi, begitu katanya.

Bunda, benjol di kepala si kecil akibat benturan atau terjatuh tidak boleh dianggap remeh, ya! Ada perawatan yang harus dijalani, yaitu mengompresnya.

Namun yang membuat bingung, apakah kompres tersebut memakai air hangat atau air dingin?

Dokter Mesty Ariotedjo menjelaskan, yang pertama harus Bunda pahami, benjol dan memarndi kepala si kecil, akibat benturan atau terjatuh, terjadi karena pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Darah mengumpul di bagian tubuh yang terbentur, lalu memunculkan memar atau benjol.

Jika demikian, Bunda tidak perlu panik. Lakukan beberapa perawatan ringan sebagai pertolongan pertama.

1. Kompres bagian kepala yang terbentur dengan air dingin. Lapisi es atau air dingin dengan kain atau handuk. Lakukan secara rutin pada 1-3 hari pertama untuk mengurangi pembengkakan dan peradangan.

2. Lakukan observasi dan biarkan anak istirahat. Pastilah Ayah dan Bunda memantau keadaan anak saat 48 jam pertama. Jika anak terlihat mengeluhkan sakit kepala, beri parasetamol atau ibuprofen.

Jika dalam observasi tersebut muncul gejala yang mengkhawatirkan seperti: anak tampak bingung dan gelisah, kejang, mengeluh sakit kepala yang bertambah berat, muntah berulang, keluar darah dari telinga atau hidung, ubun-ubun tampak membonjol, dan terjadi penurunan kesadaran, segera bawa anak ke dokter.

 

Close X

Dear Parents, Yuk Siapkan Bekal Anak Untuk Bijak Konsumsi Informasi Dari Media Sosial!

Sebelumnya

Anak Akan memiliki IQ yang Lebih Tinggi, Ini Alasan Mengapa Ayah Harus Dekat Dengan Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting