Pangeran Harry dan Meghan Markle/ Net
Pangeran Harry dan Meghan Markle/ Net
KOMENTAR

PANGERAN Harry dan Meghan Markle menyambut kelahiran putri mereka, Lilibet Diana Mountbatten-Windsor yang lahir di sebuah RS di Santa Barbara, California, pada Jumat pukul 11.40 (04/06/2021) waktu setempat. Meghan dan Lili, panggilan si kecil, keduanya dikabarkan dalam keadaan baik.

Lilibet merupakan cicit ke-11 Ratu Elizabeth II dan berada di urutan ke-8 pewaris tahta. Kelahiran Lilibet menggeser Pangeran Andrew turun ke urutan 9 daftar pewaris tahta.

Dalam laman situs Archewell, Harry dan Meghan menulis pesan, "Pada 4 Juni, kami diberkati dengan kedatangan putri kami, Lili. Dia lebih dari yang pernah kami bayangkan, dan kami bersyukur atas cinta dan doa yang kami dapatkan dari seluruh dunia. Terima kasih atas kebaikan dan dukungan Anda yang terus-menerus selama waktu yang sangat istimewa bagi kami."

Keduanya juga berpesan kepada orang-orang yang ingin mengirimkan hadiah untuk mendukung atau mencari tahu lebih dalam tentang organisasi yang fokus pada pemberdayaan perempuan dan anak perempuan.

Berita kelahiran Lilibet disambut baik anggota kerajaan Inggris.

Lewat akun Twitter-nya, Pangeran Charles dan Camilla mengucapkan, "Selamat kepada Harry, Meghan, dan Archie atas kedatangan bayi Lilibet Diana. Semoga mereka semua baik-baik saja di waktu yang istimewa ini."

Ucapan selamat juga ditulis oleh Pangeran William dan Catherine. Bahkan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer pun mengucapkan selamat atas berita bahagia tersebut.

Di Balik Nama Lilibet

Lilibet adalah nama panggilan keluarga kerajaan untuk Ratu Elizabeth II, nenek buyut dari Lili. Nama panggilan itu diciptakan kala Putri Elizabeth masih balita dan belum bisa mengucapkan namanya dengan benar.

Sang Kakek, Raja George V, dengan sayang memanggil cucunya "Lilibet" yang kemudian Elizabeth kecil menyebut dirinya dengan nama itu. Sejak itu keluarga ikut memanggilnya Lilibet.

Mendiang suami Sang Ratu, Duke of Edinburgh, juga memanggilnya Lilibet. Ia pernah menulis surat kepada ibu mertuanya, "Lilibet adalah satu-satunya hal di dunia ini yang benar-benar nyata bagi saya."

Adapun nama tengah Lili diambil dari neneknya, Lady Diana, yang meninggal dalam kecelakaan mobil di tahun 1997 saat Harry masih berusia 12 tahun. Seperti Lili, putri Pangeran William dan Catherine, Putri Charlotte, juga memiliki nama Diana dan Elizabeth dalam nama lengkapnya.

Mengapa Harry dan Meghan memilih Lilibet? Duncan Larcombe, seorang wartawan senior Inggris, mengatakan nama itu adalah nama yang sangat berbau kerajaan. "Tidak ada keraguan bahwa pilihan nama itu adalah yang pertama—atau mungkin satu-satunya—tanda damai yang ditawarkan pasangan itu kepada keluarga Kerajaan Inggris sejak mereka meninggalkan keluarga," ucapnya, dilansir BBC.

Harry dan Meghan menikah pada Mei 2018 di Kastil Windsor. Keduanya memutuskan berhenti dari tugas kebangsawanan mereka pada Maret 2020 dan memilih menetap di Amerika Serikat.

Walhasil, Lilibet menjadi bangsawan paling senior (bangsawan pertama) yang lahir di luar negeri dan dia kelak akan memenuhi syarat menjadi Presiden Amerika Serikat.

Tapi seperti kakak laki-lakinya, Archie, yang tidak berhak atas gelar kerajaan saat dilahirkan, Lilibet tidak akan diizinkan menjadi putri atau menyandang gelar Her Royal Highness hingga Ratu Elizabeth II meninggal dunia dan Pangeran Charles menjadi raja. Hal itu sesuai aturan yang telah ditetapkan lebih dari 100 tahun silam.

 

 

 

 

 

 




Bintang Puspayoga: Angka Perkawinan Anak Menurun dalam Tiga Tahun Terakhir

Sebelumnya

Lebih dari 200 Rumah Rusak, Pemerintah Kabupaten Garut Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News