post image
Pilihlah masker yang tepat sesuai situasinya/ Net
KOMENTAR

MASKER sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Sebagai salah satu aksesoris wajib, ragam masker cukup bervariasi. Ada masker kain, masker medis, masker KN95, dan lainnya.

Semua masker memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti masker kain yang bisa dipakai berulang kali, namun efektifitasnya dalam menangkal virus tidak sebaik masker medis atau masker KN95.

Lalu, masker seperti apa yang sebaiknya dipakai?

Mengutip laman instagram @Pandemictalks, sebuah penelitian dari jurnal Science oleh Ceng ET Al., 2021 menyebutkan bahwa efektifitas masker mencegah penularan sangat bergantung pada banyaknya virus di udara.

Maka dari itu, pilihlah masker yang tepat sesuai situasinya. Misalnya, di tempat dengan konsentrasi virus yang rendah seperti ruang terbuka (outdoor) atau ruang dengan sirkulasi udara yang baik (jendela dan pintu terbuka), gunakan masker kain atau masker disposable.

Jangan gunakan masker dengan katup, hanya 1 lapisan, atau terbuat dari kain tipis yang tembus cahaya. Jangan pula memakai masker dengan celah di sekitar hidung dan sisi wajah, masker yang kotor dan lembab. Ikat ujung masker agar lebih rapat.

Kedua, di tempat dengan konsentrasi virus yang tinggi seperti rumah sakit atau rumah, kendaraan umum di mana tidak ada jaga jarak, kantor atau supermarket, berada di ruang tertutup untuk waktu yang lama, atau lansia dan pemilik komorbid.

Gunakan masker dobel, yaitu masker disposable dan masker kain, atau kenakan masker KN95/KF94.

Ketiga, jangan gunakan masker KN95 atau KF94 jika memiliki rambut wajah yang lebat (jenggot atau brewok yang dapat memengaruhi kelembaban masker), masker KN95/KF94 palsu (banyak beredar di pasaran), sulit untuk bernapas, atau memakai KN95 dan dilapisi dengan masker lainnya.

Keempat, cara melipat masker pun harus rapat dan pas. Yaitu, simpul kaitan telinga, lipat dan sisipkan sisi masker yang keluar, cek apakah sudah rapat.

Walau KN95 dianggap sebagai gold-standard, masker ini masih sulit ditemukan dan sebaiknya diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Ingat, jangan sepelekan masker! Gunakan masker dengan cara yang benar dan pilih masker sesuai dengan kebutuhan. Gunakan masker dimanapun dan kapanpun. Lakukan bersamaan dengan protokol kesehatan 5M dan lainnya, agar saling melengkapi.

 

Close X

Apakah Vaksin Covid-19 di Indonesia Dapat Melindungi Orang Dengan Komorbid?

Sebelumnya

Kemenkes Ungkap Kecenderungan Varian Delta Banyak Ditularkan Pada Anak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health