Sambil memegang tanah kubur mendiang ayahnya yang masih merah, Oki mengucapkan salam perpisahan sambil terus meneteskan air mata/ Foto: KapanLagi.com
Sambil memegang tanah kubur mendiang ayahnya yang masih merah, Oki mengucapkan salam perpisahan sambil terus meneteskan air mata/ Foto: KapanLagi.com
KOMENTAR

INNA lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia Bapak Sulyanto bin Sastro Martoyo, ayah dari tiga bersaudara Oki Setiana Dewi, Shindy Putri, dan Ria Ricis pada Jumat, 4 Juni 2021. Kabar duka itu diunggah Oki dalam laman Instagramnya.

Menurut Oki, sang papa yang sedang menetap di rumah Ricis tadi malam baik-baik saja. "Beliau masih makan seperti biasa," kisah Oki di hadapan Ustaz Yusuf Mansur, para guru dan santri Pesantren Tahfizh Daarul Quran, serta awak media.

Yang membuat duka Oki semakin terasa berat adalah karena Ria Ricis hingga Jumat siang belum bisa dihubungi. Diketahui Ricis sedang melakukan perjalanan ke Maluku. Menurut Oki, adiknya sedang mendaki gunung. Ia berharap si bungsu bisa kuat jika nanti sepulangnya ke Jakarta ternyata sang papa sudah dimakamkan di Pesantren Daarul Quran.

Oki tak kuasa menahan isak tangis mengenang kepergian sang papa yang tiba-tiba. Menurut istri Ory Vitrio itu, papanya memang memiliki riwayat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. "Ada kemungkinan papa meninggal tadi malam karena saat mama menemui papa di pagi hari, tubuhnya sudah dingin," ujar Oki.

Menurut Oki, sebagai ayah dari tiga anak perempuan, sang papa telah mendidik tiga putrinya untuk menjadi perempuan yang kuat namun tetap menomorsatukan keluarga. Juga bagaimana agar mereka selalu menjaga hubungan persaudaraan dan kekeluargaan.

Sang papa, menurut Oki berhasil mendidik ia dan adik-adiknya menjadi sosok seperti sekarang ini. "Semoga keberhasilan papa mendidik kami bertiga menjadi amal jariyah beliau. Dan insya Allah, beliau ditempatkan di tempat terbaik, diampuni segala dosanya, dan bisa meraih surga-Nya."

Oki dan kedua adiknya sangat menghormati dan mematuhi sang papa. Apa yang mereka kerjakan harus mendapat restu dari sang papa. Untuk berkecimpung di dunia hiburan pun, tak akan mereka lakukan jika tidak disetujui orangtua.

Termasuk juga dalam urusan jodoh. Dalam sebuah wawancara bersama Ashanty, diketahui bahwa Oki (dan adik-adiknya) tak bisa memilih pasangan hidup hanya berdasar pendapat sendiri. Sang papa harus menyetujui calon yang mereka ajukan. Menurut Ory, ayah mertuanya pernah menolak tujuh laki-laki yang ingin meminang Oki, dan Oki mematuhi perkataan ayahnya.

Kepatuhan kepada orangtua memang menjadi kunci perjalanan hidup Oki dan kedua adiknya. Dengan restu orangtua, ketiganya dapat mengaktualisasikan diri secara maksimal dalam bidang masing-masing. Oki dengan dakwahnya, Shindy dengan profesinya sebagai dokter, dan Ria Ricis dengan dunia kreatifnya.

Menghabiskan masa kecil di Batam, keluarga Oki kemudian hijrah ke Jakarta. Di Ibu kotalah, Oki dan kedua adiknya berjuang mengukir prestasi tanpa meninggalkan identitas mereka sebagai muslimah yang berbakti pada orangtua.

 




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News