Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PANDEMI Covid-19 sudah cukup lama membuat aktivitas anak dilakukan di rumah saja. Segala aktivitas belajar terbatas dan akhirnya yang mereka rasakan seolah saat ini mereka sedang libur panjang. Ketika tugas-tugas sekolah datang, anak-anak tak jarang menolaknya.

Padahal menurut ajaran Islam, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang muslim. Seperti firman Allah Swt.,

"Hai orang-orang beriman, apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majelis", maka lapangkanlah. Niscaya Allah akan memberi kelapangan bagimu. Dan apabila dikatakan, "Berdirilah kamu", maka berdirilah. Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Al Maidah: 11)

Karenanya, perkenalkan dan ajarkan beberapa hadist menuntut ilmu di bawah ini kepada si kecil, agar mereka paham bahwa kewajiban umat muslim salah satunya adalah menuntut ilmu.

1. Diriwayatkan oleh Ibnu Majah, disebutkan bahwa menuntut ilmu bersifat wajib bagi muslim. Kewajiban ini tidak memandang gender dan status sosial. Bahkan harus dikerjakan sejak dalam buaian hingga liang lahat.

"Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim." (HR Ibnu Majah)

"Tuntutlah ilmu dari buaian (bayi) hingga liang lahat." (HR Ibnu Majah)

2. Karena menjadi sebuah kewajiban, maka menuntut ilmu memiliki beberapa keutamaan dan menunjukkan tingginya derajat seseorang dibandingkan manusia lainnya. Berikut hadistnya:

"Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim)

"Dari Ibnu Abbas ra ketika menafsirkan ayat: (Allah meninggikan orang-orang yang beriman dari kamu sekalian dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat, Al mujadalah: 11). Dia berkata, maksudnya adalah, "Allah meninggikan orang-orang yang diberi ilmu atas orang-orang yang beriman beberapa derajat." (HR Darimi)

Menuntut ilmu juga akan membawa seorang muslim ke dalam surga. Begini hadistnya,

"Dari Abu Hurairah dia berkata: Rasulullah bersabda: Barangsiapa berjalan di suatu jalan untuk mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkannya jalan menuju surga. Abu Isa berkata, ini adalah hadist Hasan." (HR Tirmidzi)

3. Barangsiapa yang rajin menuntut ilmu, Rasulullah akan senantiasa mendoakannya. Seperti hadist riwayat Abu Daud,

"Dari Zaid bin Tsabit dia berkata: Saya mendengar Rasulullah bersabda, semoga Allah memperindah orang yang mendengar hadist dariku lalu menghafal dan menyampaikannya kepada orang lain, berapa banyak orang menyampaikan ilmu kepada orang yang lebih berilmu, dan berapa banyak pembawa ilmu yang tidak berilmu."

"Dari Utsman bin Affan ia berkata: Nabi Saw bersabda, orang yang paling utama di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya." (HR Bukhari)

Keutamaan lainnya disebutkan dalam hadits riwayat Ibnu Majah,

"Dari Abu Ad Darda ia berkata: aku mendengar Rasulullah bersabda, sesungguhnya akan memintakan ampun untuk seorang alim mahluk yang di langit dan di bumi hingga ikan hiu di dasar laut."

Ilmu juga akan membawa kebahagiaan bagi seseorang di dunia dan akhirat. Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa menginginkan kebahagiaan di dunia, maka tuntutlah ilmu. Dan barangsiapa menginginkan kebahagiaan di akhirat, tuntutlah ilmu. Dan barangsiapa yang menginginkan kebahagiaan keduanya, tuntutlah ilmu pengetahuan."

4. Tidak hanya untuk diri sendiri, manusia juga diajarkan untuk menghormati guru sebagai pembawa ilmu. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

"Belajarlah kamu semua dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-guru mu dan berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Tabrani)

5. Dengan menuntut ilmu, akan membuat kita lebih takwa kepada Allah SWT.

"Barangsiapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga." (HR Muslim)

6. Perjalanan menuntut ilmu dipenuhi dengan pahala keberkahan. Seperti diriwayatkan oleh Turmidzi:




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting