post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

RAMADHAN sungguh menjadi bulan yang sangat dinantikan. Mulai dari 10 malam pertama hingga 10 malam terakhir, memiliki keistimewaan masing-masing. Sebab, di dalam bulan Ramadhan semua amal ibadah dilipatgandakan, pintu-pintu surga terbuka lebar, pintu-pintu neraka ditutup, dan ada malam lailatul qadr yang lebih baik dari seribu bulan.

Dibuka Pintu Rahmat

Pada 10 hari pertama bulan Ramadhan, Allah akan membuka pintu rahmat-Nya untuk setiap hamba yang berpuasa, dan dipandang sebagai seorang yang mulia karena menjalankan ibadah sejak awal.

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata:

"Rasulullah Saw. bersabda: awal Ramadhan adalah Rahmat, pertengahan ya maghfirah, dan akhirnya 'itqun minan nar (pembebasan dari api neraka)".

Pembiasaan Berbuat Baik

Jika kita berpuasa, otomatis akan menjauhi hal-hal buruk dan membiasakan melakukan hal baik supaya menjadi berkah dan mendapat pahala. Maka puasa 10 hari pertama akan membantu membentengi diri dari perbuatan maksiat.

Pembiasaan Fisik & Ruhiyah untuk Berpuasa

Sesungguhnya, pada puasa itu terkandung kesehatan yang besar dengan semua maknanya, baik kesehatan badan, perasaan, maupun rohani. Keimanan pun meningkat, karena berusaha menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Sarana Beribadah Maksimal

Sepuluh hari pertama Ramadhan adalah peluang untuk menjemput pahala. Seperti tilawah Al-Qur'an, yang menjadi ketenangan hati.

Allah Swt. sangat menyukai ibadah yang konsisten dilakukan terus menerus. Seperti diriwayatkan Imam Muslim:

وَاعْلَمُوا أَنَّ أَحَبَّ الْعَمَلِ إِلَى اللَّهِ أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ

(Dan ketahuilah bahwasannya amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang terus menerus, walaupun sedikit)

Pembiasaan Silaturahmi

Memperbanyak silaturahmi dan menjaga hubungan baik juga merupakan suatu ibadah.

Pembiasaan Beramal

Ibadah wajib yang harus dilakukan adalah shalat lima waktu dan berpuasa. Sementara ibadah Sunnah nya adalah tarawih berjamaah, shalat Dhuha, dan tahajud. Juga bertadarus dan bersedekah.

Qiyamul Lail

Salat malam adalah salat Sunnah yang dikerjakan antara waktu Isya dan Shubuh. Waktu yang tepat untuk memanjatkan doa.

Seperti sabda Rasulullah Saw.:

"Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram. Sebaik-baik salat setelah salat fardhu adalah shalat malam", (HR Muslim)

Itulah rangkaian keistimewaan 10 hari pertama di bulan Ramadhan yang bisa kita amalkan. Semoga kita dapat menjalankannya dengan lancar.

 

Close X

Perempuan, Lebaran, dan 3 Jalan Memaknai Fitri di Tengah Pandemi

Sebelumnya

Sudahkah Kita Kembali ke Fitrah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Islam