KOMENTAR

SEJAK dahulu, plisket dipercaya sebagai simbol kekuatan dan kemewahan. Pakaian berbahan plisket dikenal sangat praktis dan mudah disimpan, tidak perlu disetrika, juga dapat dicuci tanpa menghilangkan bentuk lipitnya.

Kain plisket adalah sejenis kain tekstil yang memiliki tekstur berlipat-lipat. Istilah plisket konon awalnya diambil dari kata pleated skirt yaitu seni kain berlipat pada rok wanita. Seni berlipat itulah yang kemudian menginspirasi Mariano Fortuny, desainer asal Spanyol mematenkan karya pleated skirt yang disebut “Fortuny” di tahun 1909.

Bersama sang istri, Henriette Negrin, Mariano menciptakan Delphos gown, gaun sutra berlipit halus. Mariano juga merancang rok untuk para bintang mode ternama seperti Isadora Duncan, Sarah Bernhardt, Eleonora Duse, dan Peggy Guggenheim.

Seiring berjalan waktu, para penikmat mode di Indonesia menyebut pleated skirt sebagai plisket. Teknik pembuatan plisket banyak diadaptasi untuk berbagai fashion item lain seperti scarf dan hijab.

Salah satu pemakaian pakaian berbahan plisket diperkenalkan desainer papan atas Dian Pelangi. Ibu dari Maika Rumaisha Al Aqsa Nasution ini jatuh cinta dengan bahan plisket yang nyaman namun tetap modis dipakai.

Terlahir dari keinginan memiliki pakaian serba guna yang praktis, simpel, dan nyaman, terutama untuk dipakai selama pandemi, Dian Pelangi menghadirkan koleksi busana plisket yang memikat hati. Rancangan Dian memberi kesan melangsingkan dengan vertical small pleats dan model yang loose and airy.

NORAH

Inilah basic dress dengan bahan yang nyaman dan flowy. Norah membuat penampilanmu makin fresh dengan pilihan warna blush, teal, dan sand. Dilengkapi kancing depan, koleksi ini memudahkan para ibu menyusui untuk tampil classic namun tetap nyaman.

YARAH

Koleksi selanjutnya dari Dian Pelangi adalah ‘versatile’ kaftan yang super nyaman dengan potongan loose untuk segala ukuran tubuh. Seperti Norah, Yarah juga breastfeeding friendly dengan pilihan warna natural. Mudah dikenakan dan dipadupadankan, siap menyulap tampilanmu chic seketika.

ROSA

Set atasan dan celana yang pas untuk pribadi aktif. Siluet longgar menjadikan aktivitas sehari-hari terasa nyaman. Namun tak hanya nyaman, bahan yang “shiny” membuatnya terlihat mewah saat dikenakan. Comfortable in a stylish way!

Untuk merawat busana berbahan plisket, lakukan hal berikut ini:

1. Simpanlah kain plisket menggunakan gantungan baju untuk mempertahankan lipatannya.

2. Untuk mencuci, cukup dicelup-celupkan saja ke dalam air yang mengandung sedikit deterjen dan usahakan jangan disikat.

3. Jemurlah kain yang telah dicuci lalu cepat angkat dari jemuran bila sudah kering, jangan menjemur kain plistet terlalu lama karena kemungkinan akan mengubah tekstur kain.

4. Pada jenis lipatan yang agak lebar dapat disetrika agar rapi, tapi untuk kain yang tipis dengan lipatan yang kecil-kecil usahakan jangan disetrika.




Adolescence Kebijaksanaan Abadi Rumi dalam Balutan Koleksi Manja Rosie Rahmadi

Sebelumnya

Pentingnya Perawatan Kulit, Lebih dari Sekadar Mencuci Muka

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga