Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MENGENAL karakter seseorang lewat bentuk wajah, merupakan sesuatu yang sangat menarik. Sebab, secara tidak langsung wajah akan mengekspresikan semua di dalam hati. Artinya, hanya dengan melihat bentuk wajah saja maka segala sesuatu yang ada di dalam diri seseorang akan tampak dari luar.

"Kalau sudah biasa, bisa melihat karakter seseorang dari wajah, dari sudut mata dan sudut bibir. Bisa juga melihatnya dari perangai atau performanya. Misalnya, dia orang yang introvert dan melankolis, berpakaian selalu rapi dan senada. Kalau ekstrovert biasanya spontan karena inginnya yang cepat," kata dr Aisah Dahlan, CHt di kanal Youtubenya.

Yang paling baik, lanjut dr Aisah, adalah mengenal karakter orang dari wajah saat sedang tidur. Jika memperhatikan sudut mata dan bibir, bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

1. Tipe Ekstrovert

Orang yang memiliki karakter ini, lebih senang beraktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, serta bergaul. Kegiatan tersebut membuat si ekstrovert merasa bahagia.

Tipe seperti ini dapat dilihat dari garis ke atas di sudut mata dan bibir, saat tidur seseorang tertidur. Karakter si ekstrovert ini juga terbagi dua, yaitu koleris dan sanguinis.

Si koleris memiliki garis sudut mata ke atas, namun garis sudut bibirnya saat tertidur tertarik ke bawah. Tipe ini tidak terlalu menyukai pembicaraan basa-basi. Mereka lebih memilih untuk berbincang secara mendalam soal banyak hal.

Pemilik kepribadian ini akan berusaha bergaul dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama secara profesional.

Sedangkan tipe Sanguinis, ditandai dengan garis sudut mata dan sudut bibir ke atas. Si sanguinis selalu memiliki jiwa optimis, ingin menjadi pusat perhatian, memiliki energi yang besar, mudah beradaptasi, dan gemar menjalin relasi.

2. Tipe Introvert

Menurut ahli di American Psychological Association, introvert cenderung menarik diri, pendiam, tenang, suka menyendiri, dan tisak tergesa-gesa atau berhati-hati. Seorang introvert juga lebih suka bekerja secara mandiri.

Mengenal introvert dari wajah seseorang ketika tertidur adalah dari garis sudut mata dan sudut bibir yang ke arah bawah. Dan sama dengan ekstrovert, karakter introvert juga dibagi dua, yaitu melankolis dan blackmatis.

Untuk si melankolis, memiliki garis sudut mata dan sudut bibir ke bawah. Karakternya pemikir dan perfeksionis sejati dalam bekerja.

"Si melankolis ini serius sekali," kata Aisah.

Sedangkan si plegmatis memiliki karakter sering dilihat sebagai penolong dan peduli dengan orang-orang di sekitarnya. Mereka yang memiliki karakter ini biasanya sudut matanya ke bawah, sementara sudut bibirnya ke atas.

"Watak itu sifatnya genetik atau turunan. Sama dengan bakat, watak ditempatkan di otak pas bagian tengah yang disebut bagian lobus parentalis. Di situ Allah memberikan watak beserta kelemahan dan kelebihannya," demikian dr Aisah Dahlan.

 




Kembali Beraktivitas Pascalibur Lebaran, Simak Tips Bekerja Efektif dan Lebih Fresh ala POCO

Sebelumnya

Viral Kabar Anak Kecil Dipaksa Orang Tuanya Nonton Film Siksa Kubur di Bioskop, Ini Masukan dari Praktisi Pendidikan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family