Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

MENUJU kualitas hidup sehat perlu tindakan yang nyata dan harus kita lakukan secara disiplin dan konsisten. Seorang ahli naturopati, dr R Cahyono  menjelaskan, ada beberapa kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan jika ingin memiliki badan yang sehat.

Menurut dr Cahyono, kebiasaan tidur pagi tidak hanya meningkatkan potensi diabetes, tapi juga penyakit-penyakit yang lain.

"Rasulullah mengatakan, jika kita tidur setelah shalat Subuh, akan meningkatkan risiko pikun. Islam juga melarang kita tidur menjelang Maghrib. Bukan karena akan ketindihan setan, secara medis tidur di antara waktu Ashar dan Maghrib akan menurunkan daya tahan tubuh," ujarnya.

Tidur di antara waktu itu memudahkan seseorang terkena infeksi. Dan jika tidur setelah Subuh akan menyebabkan pikun lantaran aliran darah ke otak tersumbat.

Selanjutnya, dr Cahyono membagikan 6 langkah praktis yang bisa dilakukan di rumah untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

1. Jangan makan malam dan makan berlebihan.

2. Jangan tidur larut malam. Batasan tidur adalah pukul 11 malam. Alasannya, orang yang tidur di atas jam 11 akan terganggu fungsi livernya.

"Fungsi liver itu ada banyak, sekitar 500 fungsi. Berbeda dengan jantung yang hanya memiliki satu fungsi, yaitu memompa darah. Jadi, liver adalah organ tubuh yang paling berat fungsinya," ujarnya.

Jadi, fungsi liver akan rusak jika tidur larut malam dan memunculkan berbagai penyakit, seperti diabetes. Karena pada penyakit diabetes, yang terganggu selain pankreas adalah liver dan usus.

3. Konsumsi air putih 2 liter per hari. Bagaimana cara minum air putih yang baik? Rasulullah mengajarkan kita saat minum harus dalam posisi duduk, gunakan tangan kanan, membaca basmallah, minum seteguk-seteguk, akhiri dengan Hamdallah.

"Pagi hari minum satu gelas (sebelum shalat Shubuh) dan setelahnya boleh minum teh dan dibilas dengan segelas air putih," jelas dr Cahyono.

Kemudian sebelum mandi, minum air hangat agar tubuh tidak terlalu dingin saat terkena air mandi. Dan sampai Maghrib, pastikan 2 liter air sudah masuk ke dalam tubuh.

Dan, saat mau tidur, pastikan jangan terlalu banyak minum karena justru akan merusak ginjal.

4. Lakukan puasa secara rutin

5. Rasulullah bersabda, "Di dalam tubuhmu ada segumpal daging. Jika segumpal daging itu sakit, maka akan sakitlah seluruh tubuhmu. Dan jika segumpal daging itu rusak, maka akan rusaklah seluruh tubuhmu."

Apakah segumpal daging itu? Hati!

"Jika hati kita rusak, menyimpan iri, dengki, sombong, maka stres akan datang. Tidak ada orang stres itu sehat. Karenanya Rasulullah meminta kita untuk tersenyum, karena senyum itu adalah ibadah," lanjutnya.

Senangkan orang lain, insya Allah kita akan sehat.

6. Lakukan pemeriksaan sebelum sakit (general check up) supaya kita tahu kondisi tubuh kita sendiri.

 




Waspada Kanker Kandung Kemih: Sadari, Cegah, dan Harapan Baru Pengobatan

Sebelumnya

Makanan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui Saat Bayi Alami Batuk Pilek

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health