post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BETAPA bahagianya ketika orangtua mendapati anak berperilaku baik dan sesuai ajaran Rasulullah Saw. Ibnu Umar berkata:

"Didiklah anakmu dengan pendidikan adab yang baik, karena sesungguhnya kelak kamu akan ditanya mengenai anakmu. Bagaimana dahulu kamu mendidiknya dan apa yang telah kamu ajarkan kepada mereka? Begitu pula anakmu, kelak mereka akan ditanya tentang bakti dan ketaatannya kepadamu"

Enam adab ini ada baiknya diajarkan kepada buah hati, sejak mereka masih kecil.

1. Adab Berteman

Ajarkan kepada anak untuk saling berbagi, tidak menjadi anak yang sombong, menjauhi ghibah atau membicarakan teman lainnya, apalagi berbisik-bisik ketika sedang bertiga.

Mintalah anak untuk selalu berwajah ceria, tidak mengejek, serta saling memaafkan dan tidak mengangkat benda tajam ketika sedang marah.

Biasakan membaca doa, allahumma ahsanta kholqii fa Ahsin khuluqii. Artinya, ya Allah, sebagaimana Engkau telah membagikan penciptaanku, maka baguskanlah pula akhlak ku." (HR Bazaar)

2. Adab Makan

Berikanlah kepada anak-anak mu makanan yang halal. Mulailah dengan membaca basmallah dan ajarkan untuk makan dan minum menggunakan tangan kanan.

Biasakan makan dengan tidak bersandar, duduk tegak, tidak mencela makanan, menghabiskan makanan, dan menjilat jari-jari tangan saat selesai.

Ketika makanan tersebut panas, mintalah anak untuk tidak meniupnya. Jika ingin mendinginkannya, diamkan sejenak atau kipaslah makan dan minuman itu. Dan, baca Hamdallah saat habis makan.

3. Adab di Masjid

Latih anak untuk membaca doa sebelum masuk masjid, yaitu: allahummaf tahlii abwaaba rohmatik (ya Allah, bukalah untuk ku pintu-pintu rahmat Mu).

Mintalah anak untuk mandi agar tidak bau mulut dan bau badan, serta berpakaian bagus ketika hendak ke masjid. Masuk dengan menggunakan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri.

Di dalam masjid, ajarkan anak untuk tidak berisik dan tidak melewati orang yang sedang shalat. Dan, sebaiknya tidak melakukan jual beli di area masjid.

Ketika keluar masjid, ajak ia membaca doa allahumma innii asaluka min fadlik (ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari Mu).

4. Adab di Kamar Mandi

Ketika hendak masuk kamar mandi, bacalah: "Bismillah, allahumma innii a'uudzu bika minal khubutsi wal khabaa its (dengan menyebut nama Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Allah dari jin laki-laki dan jin perempuan)"

Masuklah dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan. Bersihkan kemaluan dengan tangan kiri dan biasakan mencuci tangan setelah buang hajat.

Bacalah doa keluar kamar mandi, "ghufraanaka lillaahil ladzi adzhaba 'annil adzaa wa 'aafaanii (aku memohon ampunan Mu, wahai Tuhan ku. Segala puji bagi Allah, zat yang menghilangkan penyakit dari padaku dan telah meng'afiatkan aku)."

5. Adab Tidur

Sebelum tidur, ajarkan anak untuk berwudhu dan mencuci tangan. Sebelum berbaring, bersihkan tempat tidur terlebih dulu.

Kemudian, ajak anak untuk berdzikir subhanallah (33 kali), alhamdulilah (33 kali), dan Allahu Akbar (33 kali). Lanjutkan dengan membaca surah Al ikhlas (3 kali), Al Falaq (3 kali), dan An Nas (3 kali). Baca juga ayat kursi dan doa tidur.

"Bismikallahuma ahya wa amuutu (dengan nama Mu ya Allah aku hidup dan mati)"

Close X

Dear Parents, Segera Pasang Kontrol Untuk 3 Aplikasi Ini

Sebelumnya

Stop Kebiasaan Anak Mengisap Jempol. Ini Bahayanya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Parenting