Ilustrasi vaksin Covid-19/ Net
Ilustrasi vaksin Covid-19/ Net
KOMENTAR

PENDISTRIBUSIAN vaksin Covid-19 sudah berlangsung. Di sejumlah daerah seperti Bekasi, Jawa Barat dan Pandeglang, Banten, vaksin Covid-19 Sinovac, sudah tiba. Pandeglang menjadwalkan pemberian vaksin dilakukan pada 14 Januari 2021.

Menurut petunjuk teknis resmi pelaksanaan vaksin covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI, proses penyuntikan vaksin Corona akan dilakukan di puskesmas-puskesmas pembantu, klinik, rumah sakit, dan pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Mengutip ABC Australia, disarankan bagi mereka yang nanti disuntik vaksin corona untuk tidak langsung pulang ke rumah atau langsung beraktivitas. Tunggu di fasilitas kesehatan tempat Anda disuntik selama 30 menit, guna melihat reaksi vaksin terhadap tubuh.

Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), seringkali terjadi. Apalagi diberitakan beberapa media, bahwa ada reaksi tak terduga dialami beberapa orang yang telah menerima vaksin, walaupun itu hanya gejala ringan.

Dalam petunjuk teknis Kemenkes RI disebutkan, vaksin Corona secsra umum tidak menimbulkan efek samping. Jika pun ada reaksi, hampir sama dengan vaksin lainnya. Seperti nyeri, kemerahan, bengkak pada bekas suntikan, dan reaksi lokal yang lain seperti selulitis.

Sementara reaksi sistemik seperti demam, nyeri otot di seluruh tubuh (myalgia), nyeri sendi (arthralgia), badan lemas dan sakit kepala. Atau reaksi lain seperti urtikaria, reaksi anafilaksis dan syncope (pingsan), bisa saja terjadi tergantung reaksi tubuh penerima vaksin.

Jika muncul reaksi ringan lokal seperti nyeri, kemerahan, dan bengkak di bekas tempat suntikan, petunjuk teknis Kemenkes RI menyarankan untuk melakukan kompres dingin di bekas suntikan dan minum Paracetamol sesuai dosis.

Sedangkan untuk reaksi ringan sistemik seperti demam dan malaise, biasanya petugas kesehatan akan menyarankan penerima vaksin untuk minum air putih yang banyak, menggunakan pakaian yang nyaman, kompres atau mandi air hangat, dan meminum obat Paracetamol sesuai dosis.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health