Ilustrasi tidur siang/ Net
Ilustrasi tidur siang/ Net
KOMENTAR

TAK seperti saat masih bayi, anak yang sudah memasuki usia 1 tahun biasanya tidak banyak tidur lagi. Ia akan lebih sering bangun untuk belajar dan beraktivitas.

Padahal, sejatinya anak usia balita masih membutuhkan tidur siang. Sebab, banyak manfaat yang didapat dari aktivitas itu. Apa saja?

1. Tidur malam lebih nyenyak

Banyak orangtua yang beranggapan bahwa tidur siang justru menyebabkan anak sulit tidur malam. Namun penelitian membuktikan sebaliknya. Menurut artikel media yang diterbitkan St Louis Children's Hospital, melewatkan waktu tidur siang justru membuah anak mudah stres, rewel, marah dan bingung. Bahkan mereka berisiko kesulitan tidur malam.

Apabila waktu tidur malamnya tidak tercukupi, maka daya tahan tubuhnya dikhawatirkan menurun, sehingga mudah terserang penyakit.

2. Meningkatkan kecerdasan

Menurut artikel dari National Institutes of Health Study, tidur siang pada anak mampu meningkatkan kemampuan menyerap pelajaran dan mengingat saat mereka mulai sekolah. Ketika si kecil tidur siang, ia akan bangun dalam kondisi bugar. Itulah mengapa mereka lebih mudah berkonsentrasi dalam menerima pelajaran.

Selain itu, anak yang tidur siang punya energi lebih untuk beraktifitas, sehingga lebih aktif mengeksplorasi diri dan lingkungan sekitar.

3. Mengoptimalkan tinggi dan berat badan

Bunda pasti ingin memiliki anak yang tinggi dan berat badannya ideal, bukan? Nah, ternyata pertumbuhan tidak hanya dipengaruhi oleh asupan makanan, tetapi juga kualitas tidur selama masa pertumbuhan. Mengapa demikian? Ini karena proses pertumbuhan anak terjadi ketika si kecil terlelap dalam tidurnya.

4. Mengurangi stres

Si kecil ternyata bisa stres loh, Bunda. Mereka juga butuh waktu untuk melepaskan stresnya. Hal ini penting untuk kesehatan anak.

Nah, salah satu manfaat anak tidur siang juga bisa membantu mengurangi stres. Ketika si kecil tidur siang, ia menjadi lebih tenang. Si kecil akan melupakan aktivitasnya yang padat dan kemarahan yang sedang meluap.

Di usia 1-3 tahun, anak membutuhkan waktu tidur sebanyak 12-14 jam per hari. Untuk waktu tidur siang yang ideal adal 1,5 sampai 2 jam, sisanya harus dipenuhi di waktu tidur malamnya.

Usahakan untuk selalu memenuhi jam tidur anak tersebut, tidak kurang atau lebih, agar tumbuh kembangnya optimal.

Yang perlu diingat, jangan memaksa anak untuk tidur siang, ya Bunda. Ujung-ujungnya, anak bisa benci dengan aktivitas ini dan kualitas tidur siang yang baik tidak akan didapat.

Bunda bisa melakukan trik ini untuk mengatasi anak yang tidak mau tidur siang. Ajak mereka bermain di kamarnya dengan tenang. Lakukan hal tersebut usai jam ia makan siang. Suasana kamar yang nyaman akan membuat anak mudah tertidur karena kelelahan bermain.

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health