General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa dr. Yeni Purnamasari, MKM/Farah
General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa dr. Yeni Purnamasari, MKM/Farah
KOMENTAR

IBU memiliki peran besar dalam membantu menekan potensi penularan virus corona dalam keluarga.

"Peran ibu sangat penting, karena itulah tagline dari iklan layanan masyarakat terkait dengan Covid-19 adalah Ingat Pesan Ibu untuk menerapkan protokol kesehatan 3M," ujar General Manager Kesehatan Dompet Dhuafa dr. Yeni Purnamasari, MKM dalam program Bincang Sehat bertajuk "Waspada Klaster Libur Nataru" yang dilaksanakan oleh Kantor Berita Politik RMOL (Jumat, 25/12).

Dia memaparkan, setidaknya ada tiga peranan besar ibu dalam rumah untuk menjaga keluarga dari penularan virus corona.

"Peran pertama adalah memastikan anggota keluarga dari sisi kebutuhan nutrisi. Hal ini terkait dengan asupan untuk gizi seimbang, sehingga imunitas dan daya tahan tubuh keluarga pun terjaga dengan baik," papar Yeni.

Peran penting ibu yang kedua adalah memastikan bahwa protokol kesehatan dilakukan dengan tepat.

"Aktivitas anggota keluarga, terutama anak-anak, harus bisa dipantau dalam hal protokol kesehatan. Anak-anak mungkin belum bisa memakai full masker, tapi ibu bisa membantu dengan menjalankan peran edukasi dan pengawasan. Begitu juga dalam hal menjaga kebersihan, mencuci tangan dan menjaga jarak," jelas Yeni.

Peran ketiga ibu yang juga tidak kalah penting adalah menjaga nuansa positif di dalam keluarga.

"Kita juga tentu harus positif dalam hal mindset, untuk bisa menggerakan seluruh anggota di tengah keterbatasan yang ada," terangnya.

"Menjaga mood keluarga dan menjaga psikologis keluarga agar tetap merasa aman dan nyaman di rumah itu juga sangat penting terutama di tengah pandemi Coid-19 saat ini," tutup Yeni.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health