Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

KABAR Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan Ketua PBNU Said Aqil Siradj positif terinfeksi Covid-19, membuktikan bahwa wabah tersebut benar adanya dan tidak pandang bulu. Siapa saja yang tidak mengindahkan protokol kesehatan dan memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang kurang, bisa terinfeksi.

Wagub Ahmad Riza diketahui terinfeksi usai menjalani tes PCR pada Minggu (19/11) kemarin. Walau positif, Riza mengaku kondisinya baik-baik saja dan terkendali.

Memang, tidak semua penderita mengalami gejala yang sama. Namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengatakan, 20 persen pasien Covid-19 yang awalnya tanpa gejala, mengalami kondisi parah bahkan hingga kritis.

"Masa inkubasi rata-rata virus adalah sekitar empat hingga lima hari," jelas CDC.

Berikut ini gejala Covid-19 yang muncul dari hari ke hari, dikutip dari Express UK:

1. Hari pertama, muncul gejala Covid-19 ringan. Pengidap Corona biasanya mengalami demam yang diikuti dengan batuk. Sebagian kecil pasien mungkin mengalami diare atau mual selama 1-2 hari sebelumnya, yang biasa menjadi tanda infeksi yang lebih parah.

2. Hari ke-3, sebuah studi terhadap lebih dari 550 rumah sakit di China menemukan, bahwa pasien yang dirawat di rumah sakit mengembangkan pneumonia pada hari ketiga infeksi mereka.

3. Hari ke-5, dalam kasus Covid-19 parah, gejala Corona yang diidap pasien bisa mulai memburuk. Pasien mungkin mengalami kesulitan bernapas, terutama jika mereka berusia lanjut dan memiliki penyakit penyerta.

4. Hari ke-7, ini adalah waktu yang dibutuhkan rata-rata bagi beberapa pasien Covid-19 di Wuhan untuk dirawat di rumah sakit setelah gejala mulai muncul. Dan sebagian pasien mengalami sesak napas pada hari ini.

5. Hari ke-8, pasien dengan kasus parah Covid-19 kemungkinan besar akan mengalami sesak napas, pneumonia, atau sindrom gangguan pernapasan akut (ARDS), penyakit yang mungkin memerlukan intubasi. ARDS seringkali berakibat fatal.

6. Hari ke-9, beberapa pasien di Wuhan mengembangkan sepaia, infeksi yang disebabkan oleh respon kekebalan agresif.

7. Hari ke-10 sampai 11, jika pasien memiliki gejala Covid-19 yang terus memburuk, kemungkinan besar mereka akan dirawat di ICU. Pasien-pasien ini mungkin mengalami lebih banyak sakit perut dan kehilangan nafsu makan.

8. Hari ke-12, dalam beberapa kasus, pasien tidak mengembangkan ARDS sampai hampir 2 Minggu setelah penyakit mereka dimulai. Satu studi menemukan, dibutuhkan rata-rata 12 hari sebelum pasien Covid-19 dirawat di ICU. Pasien yang sembuh mungkin demamnya hilang setelah 12 hari.

9. Hari ke-16, sebagian kemungkinan akan sembuh dari gejala, batuk akan mulai hilang.

10. Hari ke-17 sampai 21, Rata-rata orang di Wuhan sembuh dan dipulangkan. Atau meninggal setelah 2,5 hingga 3 Minggu.

11. Hari ke-19, menurut penelitian, sesak napas yang diderita pasien kemungkinan akan sembuh.

12. Hari ke-27, beberapa pasien tingga di rumah sakit lebih lama. Rata-rata masa tinggalnya di Wenzhou, China, adalah 27 hari. Hanya karena pasien diperbehkan pulang, tidak berarti bebas covid.

 

 




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health