post image
Ilustrasi berdoa/ Net
KOMENTAR

MANUSIA selalu mengharapkan berkah dalam kehidupannya. Selalu menginginkan hasil yang terbaik dalam setiap usaha yang dilakukan. Dan hanya kepada Allah lah, setiap berkah dari usaha tersebut akan diberikan.

KH Muhammad Arifin Ilham (Rahimahullah) pernah dalam sebuah dakwahnya, menganjurkan para jamaahnya untuk mengamalkan 7 surah dalam Al Qur'an, setiap hari. Diyakini, dengan mengamalkan surah-surah tersebut maka hati akan menjadi lapang dan keberkahan menjadi milik kita.

1. Surah Yasin

"Yasin itu menghidupkan hati. Jadi kalau setiap hari kita baca Yasin, Ummul Qur'an, membangun hidayah Allah. Jantung kita dijaga dalam hidayah Nya," kata Ustad Arifin Ilham (rahimahullah).

2. Surah Ar-Rahman

Membaca surat Ar-Rahman setiap malam, satu-satunya surah dalam Al Qur'an yang memakai nama Allah, Ar-Rahman (Maha Pengasih), maka akan disayangi, dikasihi, dan disukai oleh Allah. Jika demikian, para malaikat pun ikut menyayangi, mengasihi, dan mencintai kita. Lalu, para hamba-hamba Allah yang mulia, para nabi Nya, di mana mereka sangat mencintai Allah, maka mereka pun akan mencintai kita.

Timbul pula sifat rahmat (kasih sayang) pada diri kita, sifat dermawan, rendah hati, tidak pernah merasa diri paling suci, timbul ketegasan dan keberanian. Itu rahasia Allah!

3. Surah Al-Waqiah

Kenapa Al waqiah? Di antaranya, tidak akan pernah susah dan menderita kita di dunia, tidak akan sakit saat sakaratul maut, tidak akan menderita di alam kubur, apalagi di akhirat nanti. "Coba saja baca terjemahan tafsirnya, dahsyat sekali!" ujar beliau.

4. Surah Al-Mulk

Setiap hari, bacalah surat Al Mulk.

"Tabarokalladzi'bi yadihil Mulk"

Apapun yang kita lakukan, apapun yang Allah amanahkan pada kita, siapapun yang dekat dengan kita, diberkahi hidupnya. Kita punya rezeki, berkah. Kita punya sehat, berkah, bahkan kita sakit pun menjadi berkah. Membuat kita juga semakin dekat dengan Allah. Bayangkan jika satu keluarga, suami, istri, anak membaca surat Al mulk

5. Surah Al-Jinn

Tidak diganggu oleh jin, mereka akan dijaga oleh jin-jin muslim.

6. Surah Al-Mujamil

Subhanallah, setiap pembaca surat Al Mujamin akan diberikan kenikmatan salat malam. Rahasia terbesar nikmat salat malam:

Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka. (Al Furqon: 64)

"Hamba-hamba yang beriman itu senang sekali begadang malam, karena menikmati laba sujud dan berdiri di hadapan Allah," ucap beliau lagi.

"Sesungguhnya, bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyu') dan bacaan di waktu itu lebih berkesan" (Al-Mujamil: 6)

Lebih tepat untuk khusyuk, lebih tepat untuk bermesraan, untuk ngobrol berdoa kepada Allah. Sesungguhnya Allah menatapmu, mengetahuimu, saat kau berdiri di tengah malam, separuh malam, curahkan semua isi hati di 1/3 malam. Kau dapat nikmat salat malam, separuh surga sudah kau dapat, rumah tangga akan bahagi, rejeki berlimpah

7. Surah Al-Fajar

Siapkan diri membaca surat Al fajar, karena pada akhirnya amal itu terlihat pada akhirnya. Kita tidak akan tahu apa yang terjadi pada amalan yang kita perbuat, karenanya wiridnya membaca surat Al fajar setiap hari.

"Hai jiwa yang Mutmainah (jiwa yang Mendekat kepada Allah), pulanglah kepada allah. Bertemu kekasih dengan kekasih," demikian Ustaz Arifin Ilham rahimahullah.

Close X

Arah Baru Pendidikan; Karena Ibu Adalah Madrasah

Sebelumnya

Hati-Hati dengan Hati

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Islam