post image
Pupuklah jiwa kreatifitas. Dengan sentuhan kreatif dalam proses pembelajaran, maka proses belajar mengajar akan lebih nyaman dan menyenangkan/ Foto : Agung Hadiawan
KOMENTAR

MENJADI seorang guru adalah cita-cita yang sangat mulia. Tidak mudah menjadi seorang guru, karena profesi ini tidak dapat dilakukan oleh seseorang yang tidak memiliki keahlian dan kualifikasi sebagai seorang guru.

Untuk menjadi seorang guru, kita harus menempuh pendidikan di Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan (LPTK) dan mendapatkan sertifikasi guru. Harapannya, para lulusan tersebut dapat mengajar di sekolah formal maupun informal.

Namun selain belajar di LPTK, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang guru:

1. Siapkan gelar sarjana

Hal yang paling dasar adalah menyiapkan gelar sarjana pendidikan. Sebab mendapatkan gelar ini adalah syarat mutlak, karena jika tidak harus terlebih dulu menempuh pendidikan kesetaraan untuk mendapatkan sarjana kependidikan.

2. Praktek tak semudah teori

Segala teori pendidikan yang dipelajari saat kuliah berbeda jauh dengan fakta di lapangan. Karenanya, siapkan perbedaan itu dengan lebih banyak terjun ke lapangan agar paham dengan perkembangan dan dinamika seorang pengajar.

3. Panaskan mental

Setiap dunia kerja, tak terkecuali menjadi seorang guru, persaingan akan selalu ada. Dikucilkan karena berbeda, bahkan adanya gap senioritas. Jadi, siapkan mental!

4. Cintailah pekerjaanmu!

Cintai pekerjaan dan profesimu, setelah itu rasakan kenyamanan di lingkungan pendidikan.

5. Be Creative

Pupuklah jiwa kreatifitas. Dengan sentuhan kreatif dalam proses pembelajaran, maka proses belajar mengajar akan lebih nyaman dan enjoy. Apalagi di masa sekarang ini, murid-murid menjadi lebih kritis. Sedikit saja mereka merasa bosan dengan cara mengajar seorang guru, maka sasaran dan tujuan pengajaran tidak akan tercapai.

 

Close X

Dear Parents, Segera Pasang Kontrol Untuk 3 Aplikasi Ini

Sebelumnya

Stop Kebiasaan Anak Mengisap Jempol. Ini Bahayanya!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting