post image
Buat mereka nyaman dengan ayah, karena seorang anak perempuan sejatinya mendambakan sosok ayah yang ideal untuk menjadi patokannya dalam mencari pendamping kelak/ Net
KOMENTAR

MEMILIKI anak perempuan sama artinya harus menyiapkan hati yang lembut. Karena berbeda dengan anak laki-laki, anak perempuan lebih mudah diberi pengertian dengan tutur kata yang lemah lembut.

Anak perempuan biasanya memiliki kedekatan khusus dengan seorang ayah. Mereka biasanya menganggap ayah sebagai sosok superhero, yang siap membantu dan menolongnya dalam keadaan sulit.

Tapi ada kalanya seorang ayah justru tidak peka akan hal itu. Bahkan beberapa di antaranya memilih "menjauh" dan lebih dekat dengan saudara laki-lakinya. Alasannya simpel, karena lebih mudah diajak bermain dan bekerja sama.

Padahal ayah tahu tidak, ada ucapan ayah yang sangat ditunggu oleh anak perempuan, yang bisa membangkitkan kepercayaan diri mereka.

1. "Kamu Itu Cantik Luar Dalam, Loh"

Dengan memuji dan mengakui si kecil apa adanya, kebutuhan dirinya akan terpenuhi. Dia juga tidak akan mencari pengakuan dari orang lain, suatu hari nanti.

2. "Ayah sayang kamu, nak"

Anak sangat butuh mendengar ungkapan kasih sayang dari orangtuanya yang membuat ia merasa nyaman dan dicintai.

3. "Ayah percaya sama kamu"

Beritahu, kalau ayah benar-benar bangga kepadanya dan percaya kalau semua mimpinya akan tercapai, sehingga ia akan semakin semangat. Bahkan jika mimpinya terkesan tidak mungkin, seperti "Aku nanti punya unicorn di rumahku, yah!"

4. "Ayah bangga sekali jadi ayahmu, nak"

Buat si kecil merasa beruntung. Cara yang paling mudah adalah mengungkapkan hal itu kepadanya.

5. "Gimana harimu? Ada yang mau diceritain ke ayah?"

Komunikasi dengan anak perlu dilakukan sejak dini. Coba rutin untuk membuka obrolan atau quality time dengan pergi ke taman berdua saja dan dengarkan si kecil. Dia pasti akan menyukainya.

Sebisa mungkin, meskipun ayah bekerja dan memiliki waktu yang sedikit untuk bertemu dengan putra putri ayah, ada baiknya membuka komunikasi atau sekadar menyapa mereka saat akan pergi tidur, dilakukan sedini mungkin.

Buat mereka nyaman dengan ayah, karena seorang anak perempuan sejatinya mendambakan sosok ayah yang ideal untuk menjadi patokannya dalam mencari pendamping kelak. Seperti dikutip dari parentalk.id

 

Close X

Si Kecil Bercita-Cita Menjadi Guru? Siapkan Hal Ini, Bunda..

Sebelumnya

Apa Yang Anak Anda Tonton Di YouTube? Penelitian Membuktikan, Sebagian Besar Adalah Iklan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting