post image
Jika bunda sudah siap baik secara fisik maupun mental, maka bunda juga siap untuk memenuhi kebutuhan si kecil/ Net
KOMENTAR

MENEMANI atau menjaga buah hati selama masa pandemi seperti sekarang, membutuhkan tenaga ekstra, ya bunda. Tenaga lebih itu bisa bunda dapat dengan berbagai cara, seperti istirahat yang cukup, mengonsumsi suplemen, atau memanfaatkan me time walau hanya 10-15 menit.

Ini bukan soal egois, ya bunda. Namun jika bunda sudah siap baik secara fisik maupun mental, maka bunda juga siap untuk memenuhi kebutuhan si kecil, atau menemaninya bermain maupun belajar.

Apa saja yang perlu bunda lakukan untuk itu?

1. Bersihkan diri

Ya, bunda. Usahakan bangun lebih dulu dibandingkan si kecil dan selanjutnya bersihkan diri. Ini sebagai awal untuk memulai hari dan agar lebih segar memulai aktivitas. Kalau sudah keduluan sibuk urus ini itu, pastinya sulit untuk membersihkan diri.

2. Take a break (istirahat)

Mengurus rumah menyita banyak tenaga dan tentu membuat bunda overwhelmed. Di saat seperti itu, coba jeda sejenak meski hanya 5 menit. Lihat keluar rumah, atur napas, dan lakukan hal apapun yang membuat diri dan pikiran bunda rileks. Namun sebelum bunda melakukan ini, pastikan anak dalam kondisi aman, ya!

3. Penuhi asupan

Terkadang, rutinitas yang padat di rumah, membuat bunda suka lupa makan. Yang terlintas di pikiran bunda hanyalah bagaimana memberikan asupan bergizi untuk ananda. Padahal, makanan sehat juga sangat diperlukan bunda, loh. Jadi, pastikan bunda mengonsumsi makanan bernutrisi dan banyak minum air putih, ya. Dan sesekali nyemil (makan makanan ringan) tidak masalah, asalkan masih terkontrol.

4. Interaksi dengan orang dewasa

Seharian di rumah, yang dilihat hanya anak-anak atau pekerjaan rumah tangga, bikin bosan, ya bunda? Kalau dibiarkan begini, lama kelamaan bunda bisa stres. Bunda perlu curhat, perlu teman berbagi keluh kesah. Tidak hanya dengan suami, tapi juga dengan sahabat. Tak ada salahnya jika bunda kemudian meluangkan waktu untuk menelpon teman untuk sekadar mengobrol. Tips paling penting, nih! Jangan ngobrol.soal urusan rumah tangga ataupun anak. Bicarakan hal-hal yang bisa membuat bunda senang dan fresh kembali. (F)

Sumber : parentalk.id

Close X

Ayah, Yuk Bantu Bunda Menyapih Si Kecil!

Sebelumnya

Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting