post image
Foto : Instagram@nadyanestina
KOMENTAR

OLAHRAGA tak dipungkiri telah menjadi satu aktivitas favorit masyarakat selama pandemi. Selain sebagai upaya menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tidak mudah terserang Covid-19, olahraga juga digemari karena merupakan satu aktivitas yang aman dilakukan sembari mengisi waktu luang di masa pandemi.

Saat ini, penggunaan hijab memang tidak lagi menjadi penghalang untuk berolahraga dengan bebas. Entah itu berlari, bersepeda, atau berenang sekali pun. Semua aktivitas fisik tersebut dapat dilakukan dengan nyaman dengan pakaian olahraga yang tepat.

Namun demikian, memilih pakaian yang nyaman sekaligus modis untuk berolah raga masih menjadi tantangan tersendiri bagi banyak muslimah berhijab.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih pakaian olahraga yang tepat untuk muslimah berhijab? Simak tipsnya berikut ini.

#1 Tetap mengikuti syariah

Walau pakaian olahraga biasanya identik dengan pakaian ketat, bukan berarti kamu tidak bisa berolahraga dengan pakaian yang longgar. Pakailah pakaian longgar yang terbuat dari material ringan seperti spandex. Dengan demikian kamu tidak perlu risih dan khawatir bentuk tubuh akan terlihat.

#2 Gunakan hijab khusus olahraga

Seiring fashion yang terus berkembang, saat ini sudah banyak brand memproduksi hijab khusus olahraga. Salah satunya adalah brand olahraga Nike yang mengeluarkan koleksi pakaian olahraga khusus perempuan berhijab. Nike Pro Hijab yang dipasarkan sejak tahun 2018 dibuat dari material khusus yang breathable hingga pemakainya tidak merasa gerah saat berolahraga.

Di Tanah Air, beberapa fashion brand lokal juga telah mengeluarkan seri olahraga untuk muslimah. Kualitas dan modelnya tak kalah bagus dari produk luar negeri.

#3 Gunakan warna-warna cerah

Berolahraga tidak menutup kemungkinan bagimu untuk tetap terlihat fashionable. Bahkan, pakaian yang nyaman sekaligus modis membuat olahraga menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menggunakan pakaian berwarna cerah. Tak hanya tampil modis, warna cerah juga akan mengangkat mood-mu untuk makin semangat berolahraga.

#4 Perhatikan material bahan yang digunakan

Bahan pakaian olahraga menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan seorang muslimah berhijab. Tubuh yang mudah berkeringat saat berolahraga dengan pakaian yang menutup rapat seluruh tubuh, kita butuh bahan yang super nyaman. Pastikan bahan tersebut mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar keringat tidak bertahan lama mengendap di bawah pakaian.

Beberapa bahan yang nyaman dipakai saat berolahraga adalah spandex, microfiber, polypropylene, jersey, dan cotton.

#5 Jangan pakai masker tapi tetaplah membawanya

Penggunaan masker saat olahraga tidak dianjurkan karena dapat membuat sulit bernapas. Tidak saja karena terhalangnya aliran udara ke hidung yang bisa membuat kadar oksigen dalam darah menurun, tapi juga karena keringat dapat membuat masker basah.

Masker yang basah dan lembap dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur penyebab penyakit, terlebih jika masker tidak dicuci dengan baik dan benar.

Tidak perlu menggunakan masker saat berolahraga, tapi pastikan kamu membawanya. Dalam perjalanan menuju tempat olahraga, mungkin saja kamu melewati tempat yang cukup ramai. (F)

Close X

Gaya Sporty Dan Minimalis Rani Hatta: Makin Kontemporer, Kian Mendunia

Sebelumnya

Chitra Subyakto: Mengeksplorasi Tanpa Henti Kekayaan Wastra Nusantara Lewat ‘Sejauh Mata Memandang’

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Fashion