post image
Dalam mendidik anak, jangan sekali-kali memakai kekerasan. Apalagi terhadap anak laki-laki, karena kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang kasar dan tidak memiliki perasaan/ Net
KOMENTAR

SEBUAH studi yang dilakukan seorang kandidat doktor bidang sosiologi dari Universitas Princeton, Angelina Grigoryeva, Amerika Serikat, anak perempuan dapat menyediakan waktu 12,3 jam per bulan untuk merawat orangtua mereka. Sementara anak laki-laki hanya 5,6 jam per bulan.

Meskipun fakta berkata demikian, Bunda yang hanya memiliki anak laki-laki tidak perlu berkecil hati. Ada beberapa hal yang bisa Bunda lakukan agar anak laki-laki Bunda bisa tumbuh menjadi pribadi yang peduli dengan orangtua, seperti dikutip dari IG @sahabat.parenting.

1. Tanamkan Nilai-Nilai Kepemimpinan

Seorang anak laki-laki pasti nantinya akan menjadi pemimpin keluarga. Karenanya, ajarkan konsep kepemimpinan dalam keluarga maupun secara umum. Anak laki-laki yang punya jiwa kepemimpinan, tentunya akan peduli dan bertanggung jawab, termasuk kepada orangtuanya.

2. Ajarkan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah hal yang mutlak harus diajarkan pada anak laki-laki Bunda. Sifat bertanggung jawab inilah yang menentukan kesuksesannya di masa yang akan datang. Dengan begitu, dia tentunya juga akan bertanggung jawab terhadap orangtuanya.

3. Ajari Anak Untuk Berbakti

Berbakti tidak hanya diajarkan pada anak perempuan, ya Bunda. Anak laki-laki pun wajib diajarkan untuk berbakti kepada kedua orangtuanya. Sehingga ketika mereka nanti sudah berkeluarga, tidak akan lalai terhadap orangtuanya.

4. Berikan Contoh Yang Baik

Anak adalah cerminan orangtua. Jadi, jika ingin anak Bunda menjadi baik, contohkan bagaimana berperilaku yang baik. Didiklah anak dengan pola asuh yang benar.

5. Jangan Terlalu Banyak Melarang & Menekan

Sepanjang yang dilakukan anak bukanlah hal negatif, usahakan untuk tidak banyak melarang atau menekannya, apalagi sampai menyebabkan psikologisnya terganggu. Sebab anak akan menjadi pemberontak dan tidak respek kepada orangtua.

6. Jangan Pernah Menghukum Dengan Kekerasan Fisik

Dalam mendidik anak, jangan sekali-kali memakai kekerasan. Apalagi terhadap anak laki-laki, karena kelak ia akan tumbuh menjadi anak yang kasar dan tidak memiliki perasaan. Parahnya, mereka akan menjadi pendendam dan memiliki trauma yang dalam.

7. Ajari Anak Untuk Memberi Perhatian Pada Orang Lain

Selain memberinya perhatian yang cukup, ajarkan pula anak laki-laki Bunda untuk memberi perhatian kepada orang lain. Dengan begitu, mereka memiliki kepekaan dan kepedulian.

8. Ajari Anak Untuk Tidak Egois

Ajarkan anak laki-laki Bunda untuk tidak egois, dapat menempatkan diri dengan benar, dan tahu kapan waktunya mendahulukan orang lain. Nanti, jika mereka sudah besar, mereka tahu bagaimana bersikap sopan dan menghargai orang lain.

9. Ajari Anak Untuk Hormat Kepada Orang Yang Lebih Tua

Anak laki-laki pun harus diajarkan bagaimana hormat kepada orang yang lebih tua. Hal ini perlu diajarkan sejak kecil, agar mereka terbiasa. Dengan demikian, anak akan tumbuh menjadi anak yang berbudi luhur. (F)

 

Close X

Ayah, Yuk Bantu Bunda Menyapih Si Kecil!

Sebelumnya

Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Parenting