Sebisa mungkin buatlah suasana tidur anak menjadi berkualitas. Salah satunya dengan mengajarkan adab jelang tidur seperti yang dilakukan Rasulullah Saw./ Net
Sebisa mungkin buatlah suasana tidur anak menjadi berkualitas. Salah satunya dengan mengajarkan adab jelang tidur seperti yang dilakukan Rasulullah Saw./ Net
KOMENTAR

BAGI setiap anak, tidur adalah momen penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik, emosi, serta aspek kognitifnya. Untuk itu, sebisa mungkin buatlah suasana tidur anak menjadi berkualitas. Salah satunya dengan mengajarkan adab jelang tidur seperti yang dilakukan Rasulullah Saw.

1. Berwudhu Sebelum Tidur

Rasulullah Saw. bersabda, "Jika kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhu lah seperti wudhu untuk salat. Lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu" (HR Bukhari dan Muslim)

2. Mengibas Tempat Tidur dan Membaca Basmallah

Setan dan jin biasanya menempati kasur atau tempat tidur yang tidak ditempati manusia. Maka, sebelum naik ke tempat tidur, ajarkan anak untuk mengibas-ngibasnya dan membaca basmallah.

"Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan basmallah, karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi." (HR Al-Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, dan Abu Dawud)

3. Membaca Tiga Surah

Ajarkan anak membaca tiga surah sebelum tidur, yaitu Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas masing-masing satu kali. Setelah itu usapkan kedua telapak tangan ke wajah dan bagian tubuh yang terjangkau.

"Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan Qul huwallahu Ahad (Al-Ikhlas), Qul a'udzu birobbil Falaq (al-Falaq) dan Qul a'udzu birobbil naas (An-Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau. Dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian itu sebanyak 3 kali." (HR Bukhari)

4. Membaca Ayat Kursi

Membaca ayat kursi sebelum tidur agar mendapat penjagaan dari malaikat. Abu Hurairah RA berkata, "Rasulullah SAW menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali. Lalu aku katakan, 'Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah Saw'."

Lalu Abu Hurairah menceritakan sebuah hadist terkait hal ini dan orang yang datang tadi berkata, "Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta'ala dan setan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi". Maka Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu setan". (HR Bukhari)

5. Membaca Doa Sebelum Tidur

Dari Hudzafah, ia berkata, "Apabila Nabi Saw. hendak tidur, beliau mengucapkan: 'Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup)'. Dan apabila bangun tidur beliau mengucapkan, 'Alhamdulillahilladzii ahyaana ba'da maka amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kamk, dan kepada-Nya lah tempat kembali)'". (HR Bukhari)

6. Tidur Dengan Posisi Menghadap Kanan

Tidurlah dengan posisi menghadap ke sebelah kanan atau rusuk kanan sebagai tumpuan. Sebagaimana Rasulullah Saw. bersabda, "Berbaringlah di atas rusuk sebelah kananmu." (HR Al Bukhari dan Muslim).

 




Seringkali Diabaikan dan Tidak Dianggap, Waspadai Dampak Depresi pada Anak Laki-Laki

Sebelumnya

Anak Remaja Mulai Menjauhi Orang Tua, Kenali dan Pahami Dulu Alasannya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Parenting