post image
Founder ruangtumbuh.id Irma Gustiana, M.Psi, Psi dalam ZoomTalk Farah.id/FARAH
KOMENTAR

SUDAH sekitar tujuh bulan pembelajaran tatap muka di sekolah dialihkan menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan secara virtual atau online. Hal ini terjadi sejak pandemi virus corona atau Covid-19 terjadi, bukan hanya di Indonesia tapi juga di banyak negara di dunia.

Meski saat ini pandemi tampak masih jauh dari usai, namun bukan berarti kita harus pesimis dalam menatap masa depan. Walau bagaimanapun, jika pandemi mulai berangsur hilang, pembelajaran akan kembali dilakukan di sekolah.

Namun sebelum itu, orangtua perlu untuk melatih anak-anak agar tidak kaget ketika harus kembali ke sekolah.

Founder ruangtumbuh.id Irma Gustiana, M.Psi, Psi dalam ZoomTalk Farah.id bertajuk "Saat PJJ Terus Berjalan, Apa Saja Yang Dibutuhkan Bunda & Ananda?" yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu siang (7/10) membagikan tiga tips yang bisa dilakukan orangtua, terutama ibu, untuk membantu mempersiapkan fisik dan mental anak untuk kembali ke sekolah pasca pandemi.

"Pertama, penting bahwa orangtua memastikan anak agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan 3M, yakni mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Jadi sejak di rumah, anak-anak ditanamkan kebiasaan baik untuk tetap bisa mematuhi hal tersebut meski tanpa pengawasan orangtua," jelas Irma.

Hal kedua yang perlu dilakukan oleh orangtua, menurut Irma, adalah mengedukasi anak-anak soal hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan jelang sekolah.

"Edukasi lagi anak, jika mau sekolah ada yang harus disiapkan, pakaian buku, alat tulis dan sebagainya. Kita tarik mundur lagi seperti tahun ajaran baru. Jadi biasakan pola tidurnya lagi dan kegiatan yang terjadwal," papar ibu dua anak ini.

"Jadi orangtua dan anak harus beradaptasi lagi dengan kebiasaan lama yang baru. Artinya, ada pola-pola baru yang diterapkan," sambungnya.

Hal ketiga yang perlu dilakukan oleh orangtua, masih kata Irma, adalah dengan memastikan kesehatan fisik buah hati sebelum masuk sekolah.

"Imunitas juga penting. Jaga anak untuk makan makanan yang sehat dan tidak jajan sembarangan. Bawa makanan sendiri dari rumah," demikian Irma. (F)

Close X

4 Titik Penting Pada Tubuh Anak yang Harus Diperlakukan Dengan Baik

Sebelumnya

Ayah, Yuk Bantu Bunda Menyapih Si Kecil!

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Parenting