Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

PANDEMI Covid-19 memang memberi kita 24 jam bersama keluarga. Tapi jika kita tidak mampu menjalaninya dengan senang hati, limpahan waktu itu bisa menjadi hal yang menyakitkan.

Suami atau istri yang tidak bersyukur dengan adanya kebersamaan tanpa batas waktu bersama pasangan dan anak, bisa jadi mengeluh bosan dan meluapkan berbagai kekesalan terhadap pandemi kepada keluarganya.

Nah, agar hari-hari pandemi lebih diwarnai keceriaan daripada kejenuhan, berikut ini 3 hal yang kita dapat lakukan untuk memperkuat family bond dengan cara yang menyenangkan, dikutip dari Verywell Family.

#Menyelipkan Quality Time Setiap Hari

Walaupun hanya sekadar ngobrol bareng menikmati teh hangat di sore hari, itu merupakan satu quality time yang harus ada. Setiap akhir pekan, ayah dan bunda juga bisa bermain game seru bersama buah hati tercinta untuk melepas kepenatan setelah lima hari belajar dan bekerja dari rumah.

Waktu berkualitas bukan hanya dapat memperkuat dan membangun ikatan keluarga (family bond) tapi juga dapat memberikan perasaan memiliki sekaligus rasa aman bagi setiap anggota keluarga.

Penelitian membuktikan bahwa anak-anak dari keluarga yang melakukan banyak aktivitas bersama memiliki keterampilan sosial dan self-esteem yang lebih tinggi.

#Membuat Tradisi Baru

Karena kesempatan untuk bepergian ke berbagai tempat masih terbatas, kita bisa membuat tradisi baru keluarga yang menjadi favorit di masa pandemi.

Misalnya kita bisa membuat jadwal online family gathering setiap bulan. Bisa juga untuk menambah keseruan, kita mengadakan lomba karaoke menggunakan aplikasi menyanyi. Atau bisa juga dengan berwisata virtual setiap minggu dengan mengunjungi situs-situs tempat wisata di dunia yang menyediakan fitur streaming virtual.

#Melakukan Misi Bersih-Rapi-Indah Bersama

Orangtua dan anak bisa merumuskan siapa bertanggung jawab atas apa. Di masa pandemi, akhir pekan bisa menjadi waktu yang mengasyikkan untuk membersihkan, merapikan, dan juga memperindah rumah.

Mulailah dengan menulis tugas masing-masing. Setelah itu, buatlah jadwal untuk mengubah gaya interior rumah agar tidak monoton selama pandemi. Karena rumah adalah pusat kegiatan semua anggota keluarga, kita tentu ingin interior rumah terasa fresh agar kita pun selalu semangat.

Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal, kita bisa kreatif untuk mengubah tampilan rumah. Misalnya dengan mengubah tata letak furnitur, mengganti warna cat, menambah dekorasi dinding baik dengan kertas dinding maupun melukisnya, atau menambahkan tumbuhan segar atau bunga artifisial untuk menyegarkan pandangan.

Ayah bunda, yuk manfaatkan akhir pekan ini untuk melakukan kegiatan yang super fun namun tetap bermakna bagi keharmonisan keluarga.




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family