Masker pintar buatan Donut Robotics/CNN
Masker pintar buatan Donut Robotics/CNN
KOMENTAR

BUKAN Jepang namanya jika tanpa inovasi dan teknologi. Baru-baru ini, di tengah tren penggunaan masker secara global akibat pandemi virus corona atau Covid-19, sebuah startup Jepang bernama Donut Robotics pun melihat sebuah peluang baru.

Perusahaan tersebut menciptakan masker pintar. Bukan sekedar masker biasa, melainkan masker yang dilengkapi dengan teknologi dan dirancang untuk membuat komunikasi dan jarak sosial lebih mudah.

Masker yang disebut dengan C-Face Smart ini dapat dihubungkan dengan suatu aplikasi tertentu di ponsel pintar untuk memperbesar suara si pengguna. Bukan hanya itu, masker itu juga bisa menerjemahkan ucapan ke dalam delapan bahasa yang berbeda.

Meski dilengkapi dengan teknologi canggih, namun masker tersebut fungsi utama masker tetap tidak diabaikan, yakni untuk bernapas dengan nyaman serta menyaring partikel virus dan bakteri.

CEO Donat Robotics Taisuke Ono menjelaskan, masker yang dibuat oleh perusahaannya terbuat dari plastik putih dan silikon.

Masker tersebut memiliki mikrofon yang tertanam dan mampu menghubungkan ke smartphone pengguna melalui sambungan Bluetooth.

Sistem ini dapat menerjemahkan bahasa Jepang, China, Korea, Vietnam, Indonesia, Inggris, Spanyol, dan Perancis.

Dikabarkan CNN, Donut Robotics sendiri diketahui pertama kali mengembangkan perangkat lunak terjemahan untuk robot bernama Cinnamon. Namun kemudian pandemi virus corona melanda dan proyek robot itu pun ditahan.

Di tengah situasi tersebut, para insinyur tim muncul dengan ide untuk menggunakan perangkat lunak mereka dalam masker wajah.




Kencangkan Dukungan ke Palestina, Universitas Siber Muhammadiyah Gelar Aksi Hybrid dan Penggalangan Dana

Sebelumnya

Kelompok Pro-Israel Serang Demonstran Pro-Palestina, Bentrokan Terjadi di Kampus UCLA

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News