post image
Inggris siapkan tes Covid-19 yang bisa membaca hasil hanya dalam waktu 90 menit/Net
KOMENTAR

INGGRIS bersiap untuk memperkenalkan tes baru untuk virus corona atau Covid-19 yang hasilnya bisa diketahui hanya dalam waktu 90 menit.

Dua tes baru untuk Covid-19 ini akan diperkenalkan di rumah sakit dan rumah perawatan Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris. Langkah ini diambil jelang musim dingin agar petugas kesehatan bisa membedakan infeksi virus corona dengan flu biasa.

Menurut keterangan pemerintah Inggris dalam sebuah pernyataan awal pekan ini, tes baru itu merupakan tes swab dan DNA di tempat.

Sekretaris Kesehatan Inggris mengklaim, tes ini akan sangat bermanfaat selama musim dingin. Agar tim medis bisa dengan cepat membedakan infeksi pada pasien.

Dikabarkan BBC, pemerintah Inggris mengatakan hampir setengah juta dari tes swab cepat baru, yang disebut LamPORE, akan tersedia mulai minggu depan.

Selain itu, ribuan mesin uji DNA, yang telah digunakan di delapan rumah sakit di London dan dapat menganalisis usap hidung, akan tersedia di rumah sakit NHS mulai September.

Tes Covid-19 yang ada saat ini, sepertiga di antaranya membutuhkan waktu lebih dari 24 jam untuk diproses.

Namun, dikabarkan The Guardian, sejumlah ahli terkejut dengan keputusan pemerintah. Mengingat, tes baru tersebut belum diketahui dengan pasti asal-usulnya dan tidak ada data yang diterbitkan mengenai evaluasi tes itu.

"Berulang kali melalui pandemi, pemerintah telah melakukan uji pembelian berdasarkan klaim pabrikan, dan kemudian menemukan ketika studi independen dilakukan bahwa tes tersebut tidak memiliki kinerja yang memadai untuk digunakan di NHS," kata Profesor Jon Deeks dari Universitas Birmingham.

"Kami berharap pemerintah akan menunggu evaluasi yang tepat, dan mempertimbangkan bukti ilmiah untuk semua tes yang tersedia sebelum menandatangani kontrak lebih lanjut. Kesalahan yang dilakukan dalam tes pembelian telah menyia-nyiakan jutaan pound serta membahayakan nyawa," jelasnya. (F)

Close X

Tak Hanya Sesak, Ini Gejala Khusus Ketika Ananda Terinfeksi Covid-19

Sebelumnya

Sukses Turunkan BB Hingga 23 Kg Dalam 3 Bulan, Yuk Intip Diet Ala Rina Gunawan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Farah Health