post image
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

ORANG lanjut usia (lansia) dan anak-anak sebenarnya sama-sama memiliki potensi besar tertular virus corona. Hanya saja, terkadang pada anak gejala yang ditimbulkan dari infeksi Covid tidak begitu tampak. Tidak ada gejala demam, sesak napas, atau keluhan lainnya.

Berbeda dengan lansia yang begitu terinfeksi imunitas atau daya tahan tubuhnya langsung bereaksi. Tidak memerlukan waktu lama, orang yang sudah berusia lanjut langsung menampakkan gejalanya. Utamanya adalah demam tinggi dan sesak napas.

Kasatgas Covid-19 RS Bhayangkara Polda Yogyakarta dr Dian Kesumapramudya Nurputra menjelaskan, di Yogyakarta ada sebuah kasus di mana satu keluarga tidak tahu jika anaknya positif terinfeksi virus corona. Karena ketidaktahuannya itu, si anak lalu pergi berkunjung ke rumah kakek dan neneknya.

"Layaknya cucu dan nenek, mereka bermain seperti biasa. Selepas cucunya pulang, keesokan harinya si nenek mengalami demam tinggi dan sesak napas yang hebat dan akhirnya nyawanya tidak tertolong. Selang beberapa hari, kakeknya mengalami gejala serupa dan juga tidak tertolong.

Begitu ditelusuri penyebabnya, ternyata si cucu ini membawa (carrier) virus corona. Kakek dan neneknya meninggal dunia, sedangkan si cucu hanya mengalami gejala ringan saja," cerita dr Dian saat menjadi pembicara di Webinar New Normal Bukan Back to Normal, beberapa waktu lalu.

Bagaimana ini bisa terjadi? Begini penjelasannya!

Dalam dunia medis memang dikenal istilah hidden carrier. Jika dikaitkan dengan Covid, hidden carrier ini adalah orang-orang yang sudah terinfeksi namun tidak mengalami gejala apapun. Mereka terlihat sehat, tidak batuk, demam, apalagi sesak napas. Dan, kebanyakan uang menjadi carrier adalah usia muda, yang sistem imunnya baik.

Sistem imun tubuh yang kuat memang bisa mencegah datangnya penyakit. Namun dalam kasus virus corona, bisa memberikan  kerugian secara tidak langsung. Banyak orang yang sudah terpapar virus ini namun memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima. Virus pun tidak mampu menyebabkan gejala kesehatan.

Mereka akhirnya merasa sehat dan pergi ke manapun tanpa khawatir. Sayangnya, justru mereka bisa menularkan ke orang lain yang sistem imunnya lemah. Siapa saja? Tentunya para lansia dan mereka yang memiliki penyakit bawaan. Nah, mereka lah yang bisa mengalami masalah kesehatan hingga meninggal dunia.(F)

 

Close X

Jika Lulus Tes, Vaksin Tiongkok Siap Diproduksi 2021

Sebelumnya

Ayah Tahu Tidak? Memeluk Bunda Bisa Memperpanjang Usia, Loh

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health