Ilustrasi/ Net
Ilustrasi/ Net
KOMENTAR

BANYAK anggapan tentang ibu hamil yang mengonsumsi air kelapa muda atau kelapa ijo. Banyak orang meyakini air kelapa dapat membuat janin yang lahir kelak berkulit putih bersih. Namun, ada juga sebagian orang yang mengatakan ibu hamil beresiko keguguran jika sering meminum air kelapa.

dr. Jeffry Kristiawan menjelaskan hal tersebut hanya mitos semata. Lebih jelasnya dr. Jeffry menjelaskan melalui akun YouTube Tanyakan Dokter.

Menurut dr. Jeffry, air kelapa kaya akan manfaat. Di dalamnya terdapat banyak kandungan elektrolit, vitamin dan juga serat. Berikut manfaat mengonsumsi air kelapa saat hamil:

1. Mencegah sembelit

Sembelit menjadi persoalan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Kandungan serat pada air kelapa muda dapat mencegah sembelit.

2. Mencegah terjadinya dehidrasi

Biasanya ibu hamil muda mengalami morning sickness sehingga sering mual muntah. Air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang saat muntah.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan beberapa mineral dan vitamin C membuat ibu hamil menjadi tidak mudah sakit.

4. Mencegah infeksi saluran kencing

Ibu hamil sering mengalami infeksi salurang kencing karena ada perubahaan hormon dan anatomi rahim yang membesar sehingga menekan kandung kemih. Infeksi ini bisa dicegah dengan minum air kelapa muda.

5. Mencegah ibu mengalami masalah jantung, terutama tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil. Kandungan magnesium dan kalium pada air kelapa muda  dapat memperbaiki pompa jantung sehingga aliran darah ibu ke janin menjadi lancar.

Dalam mengonsumsi air kelapa, dr Jeffry menyarankan untuk memilih air kelapa murni, bukan yang dalam kemasan. Ibu hamil boleh mengonsumsinya tiga sampai empat kali dalam seminggu.

 




Lebih Dekat dengan Ariel Noah Bersama Indomilk Steril "Click to get Riil!"

Sebelumnya

Terbangun Tengah Malam Karena Kaki Kram, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health