post image
Ustaz Abdul Somad dalam Muslimah Creative Stream Vol. 2/Farah
KOMENTAR

SETIAP kehidupan tidak luput dari cobaan. Namun itu bukan alasan untuk menyerah dan berpaling dari Allah SWT.

Sebaliknya, setiap ujian dan cobaan kehiduapan yang datang tentu bukan tanpa izin Allah. Maka solusi dari setiap permasalahan hidup pun datangnya dari Allah.

Karena itulah, pendakwah ternama, Ustaz Abdul Somad mengajak setiap orang untuk optimis dalam menghadapi setiap permasalahan hidup.

Dalam acara Muslimah Creative Stream Vol. 2 yang disiarkan secara langsung di saluruan YouTube Scraf Media (Jumat, 26/6), UAS, sapaan akrabnya, membagikan pesan soal amalan yang bisa dijalankan setiap umat muslim, baik ketika ditempa oleh permasalahan hidup ataupun ketika sedang berupaya untuk mengetuk pintu rezeki.

1. Tauhid

UAS menjelaskan, pertama-tama yang harus dipastikan adalah memperkuat tauhid dan keyakinan bahwa Allah itu esa, alias tunggal. Allah yang menciptakan, mematikan, mengatur hidup serta rezeki setiap manusia.

"Ketika tauhid kita kuat, maka kita tidak akan merasa hidup sendiri, ada Allah bersama kita. Karena kalau kita merasa sendiri, maka jadinya akan galau," jelas UAS.

Tauhid juga merupakan akar keimanan. Sehingga, ketika tauhid seseorang kuat, maka shalat dan ibadah lainnya pun akan kuat.

2. Berserah kepada Allah

Hal lain yang perlu dilakukan adalah berserah kepada Allah.

"Caranya bagaimana? Tunaikan shalat. Shalat wajib sudah, maka shalat sunnah dijalankan, duha, witir dan lainnya," sambung UAS.

3. Panjatkan doa

UAS menjabarkan bahwa selipkan doa di antara shalat yang kita tunaikan.

Dia membagikan doa yang pernah disampaikan Nabi Muhammad SAW kepada sahabat yang mengeluh dililit utang.

"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih. Aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas. Aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir. Dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia," begitu bunyi doa tersebut.

4. Tanamkan rasa takut kepada Allah

UAS menjelaskan, siapa yang takut kepada Allah maka Allah beri solusi hidup.

"Diberi Allah dari rezeki yang tidak disangka-sangka. Allah juga beri kemudahan dalam hidup," tutur UAS.

"Jaga diri, jaga keluarga, takut kepada Allah dan perbanyaklah ibadah," pesannya.

5. Selalu optimis

Hal lain yang perlu ditanamkan dalam diri adalah selalu optimis memandang ke depan.

"Karena setan selalu ajak pesimis. Setan selalu membisikan kefakiran. Setelah itu dia suruh orang berbuat dosa," jelas UAS.

"Karena itulah, tetap berusaha, tawakal kepada Allah," tekannya.

Close X

Pengajian Akbar Hijabers Community 2021: Milenial Melek Finansial dengan Perencanaan Keuangan Anti-Mubazir dan Cerdas Memilih Perbankan Syariah

Sebelumnya

Pengajian Akbar Hijabers Community 2021: Beranjak dari Gelap Menuju Cahaya dengan Bukan Cinta Biasa

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel C&E