WHO menganjurkan untuk melepas masker saat berolahraga, naum tetap harus menjaga jarak fisik/Net
WHO menganjurkan untuk melepas masker saat berolahraga, naum tetap harus menjaga jarak fisik/Net
KOMENTAR

BEBERAPA waktu belakangan muncul perdebatan, terutama di sosial media mengenai penggunaan masker saat olahraga.

Pasalnya, di masa new normal saat ini, banyak orang yang sudah mulai kembali menjalankan aktivitasnya di luar rumah, termasuk berolahraga.

Salah satu contohnya adalah kembali ramainya Gelora Bung Karno (GBK) dengan pengunjung yang melakukan olahraga ringan maupun sekedar berjalan-jalan.

Namun ada kebingungan di masyarakat soal perlu-tidaknya menggunakan masker saat berolahraga, terutama demi mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Menjawab kebingungan masyarakat tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pekan ini mengeluarkan anjuran. Melalui laman Instagram resminya, WHO menganjurkan agar masyarakat melepas masker saat berolahraga. Pasalnya, penggunaan masker saat berolahraga bisa mengurangi kemampuan bernapas dengan nyaman.

Selain itu, keringat yang muncul ketika berolahraga juga bisa membuat masker menjadi lembab lebih cepat. Hal itu akan membuat penggunanya sulit bernapas dengan baik dan justru mendorong pertumbuhan mikroorganisme.

Akan tetapi, WHO menekankan, meski dianjurkan melepas masker saat berolahraga, hal pencegahan lainnya penting untuk dilakukan demi terhindar dari penularan virus corona.

"Hal yang penting untuk dilakukan saat berolahraga adalah melakukan jarak fisik, setidaknya satu meter dari orang lain," demikian anjuran WHO.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health