Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DEAR ayah-bunda, sudahkah memastikan kecukupan zat besi pada sang buah hati? Jangan anggap remeh zat besi! Pasalnya, kekurangan zat besi dapat berdampak negatif ke kecerdasan, perilaku, dan kemampuan motor anak.  

Anemia defisiensi, atau kondisi terlalu sedikit sel darah merah sehat karena kadar zat besi terlalu sedikit dalam tubuh, pada anak di bawah usia 2 tahun dapat menyababkan anak menjadi lebih "lemot" dalam merespon. Selain itu, kondisi tersebut juga bisa menyebabkan anak lebih iritabel dan sulit mengendalikan diri. Beberapa studi bahkan menunjukkan dampak negatif ini terus berlanjut hingga dewasa.

Sebuah penelitian terbaru tahun 2014 menunjukkan bahwa pemberian suplementasi zat besi harus diberikan dengan hati-hati.

Lalu bagaimana cara memastikan kebutuhan zat besi bayi dan anak Anda tercukupi?

Menurut dokter anak, Dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A di situs resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, langkah pertama yang harus dilakukan oleh orangtua adalah mencaritahu apakah bayi Anda berisiko kekurangan zat besi.

Perlu diketahui bahwa bayi mendapatkan cadangan zat besi yang cukup dari transfer zat besi pada trimester terakhir kehamilan. Air susu ibu (ASI) hanya mengandung sedikit zat besi, tetapi zat besi yang dikandung dalam ASI mudah diserap oleh saluran cerna bayi. Kedua hal tersebut menyebabkan kecukupan zat besi dapat terjamin sampai dengan mereka berusia 4-6 bulan.

Namun, pada kondisi tertentu, seperti bayi lahir prematur, berat lahir rendah, atau kembar, bisa menyebabkan bayi mengalami risiko kekurangan zat besi antara lain. Bayi usia 6-12 bulan tumbuh begitu cepat sehingga berisiko kekurangan zat besi, terutama bayi yang mendapatkan predominan ASI  dan hanya mendapatkan makanan mengandung sumber zat besi (seperti daging merah, hati ayam) atau MPASI fortifikasi kurang dari dua kali per hari.

Anak batita yang mengonsumsi susu sapi segar dan kurang mengonsumsi makanan tinggi zat besi juga merupakan kelompok batita yang berisiko mengalami kekurangan zat besi.

Setelah usia 6 bulan, ASI saja tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan zat besi bayi dan cadangan zat besi juga sudah berkurang, maka bayi membutuhkan zat besi tambahan dari makanan pendamping ASI (MPASI).

Langkah berikutnya, Ayah dan Bunda perlu mengetahui kebutuhan zat besi bayi dan batita anda. Kebutuhan zat besi bayi usia 6-12 bulan adalah 11 mg per hari, sedangkan anak berusia 1- 3 tahun (batita) membutuhkan zat besi lebih sedikit, yaitu 7 mg per hari. ASI hanya memenuhi 0,3 mg zat besi per hari.

Berikut adalah beberapa tips memenuhi kebutuhan zat besi bayi dan batita Anda:

1. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi minimal 2 kali perhari

Memenuhi kebutuhan zat besi yang paling baik adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi. Makanan yang mengandung sumber zat besi paling tinggi adalah daging berwarna merah

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung zat besi yang tinggi, tetapi hanya diserap sekitar 3-8 persen dibandingkan dengan sumber hewani yang diserap sebesar 23 persen.

2. Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan absorpsi zat besi dari serealia dan sayuran sebanyak 2 kali lipat sehingga lebih banyak zat besi yang dapat diserap oleh saluran cerna. Masaklah makanan yang mengandung tinggi zat besi sambil menggunakan sumber vitamin C, seperti jeruk, jeruk limau, stroberi, brokoli, paprika.

3. Hindari mengonsumsi susu atau teh pada saat makan utama

Kandungan kalsium yang tinggi pada susu dapat menghambat penyerapan zat besi karena penyerapan kalsium berkompetisi dengan penyerapan zat besi. Sementara itu, teh juga mengandung zat yang menghambat absorpsi zat besi. Sebaiknya susu diminum di luar waktu makan utama, demikian pula dengan teh.

4. MPASI fortifikasi bisa menjadi pilihan alternatif

Langkah berikutnya untuk memastikan kecukupan zat besi adalah dengan mengonsumsi makanan yang telah difortifikasi. Bayi perlu makan hati ayam sebanyak 85 g sehari (setara 3 potong sedang) atau daging sapi sebesar 385 gram (hampir 1,5x porsi steak untuk orang dewasa) untuk memenuhi kebutuhan zat besi sebesar 11 mg per hari. Tentunya jumlah ini sangat banyak untuk bayi berusia 6-12 bulan, sehingga MPASI fortifikasi yang telah diperkaya zat besi dapat menjadi alternatif asupan yang mengandung tinggi zat besi.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health