Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DARI Abu Usaid Malik bin Rabi'ah As-Sa'idi, dia berkata:

"Suatu saat kami pernah berada di sisi Rasulullah SAW. Ketika itu ada datang seseorang dari Bani Salimah. Ia berkata, 'Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orangtua ku ketika merek telah meninggal dunia?' Nabi SAW menjawab, 'Iya'." (HR Abu Daud No 5142 dan Ibnu Majah no 3664. Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban, Al-Hakim, juga disetujui oleh Imam Adz-Dzahabi. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)

Hadist ini dengan tegas membicarakan, bahwa bakti seorang anak tidak akan terputus ketika kedua orangtuanya meninggal dunia. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan anak untuk menunjukkan baktinya kepada kedua orangtua yang telah tiada.

Dijelaskan Pendiri Pusat Studi Alquran, M. Quraish Shihab, anak dapat menunjukkan bakti kepada kedua orangtua yang telah meninggal dunia dengan melakukan apa yang menjadi kegemarannya semasa hidup.

"Doakanlah dia, jalinlah hubungan dengan sahabat-sahabatnya. Berilah sahabat-sahabatnya hadiah, laksanakanlah wasiatnya. Jangan permalukan ia di alam sana, karena apapun yang kamu lakukan di dunia, akan terlihat jelas oleh mereka di alam barzah," urai Quraish Shihab dalam video instagram @shihabnshihab.

Cara lainnya adalah bersedekah atas nama orangtua yang telah meninggal dunia. Seperti dikatakan Abdullah bin Abbas, RA:

"Sesungguhnya, ibu dari Sa'ad bin 'Ubadah ra meninggal dunia. Sedangkan Sa'ad kala itu tidak ada di sisinya. Kemudian Sa'ad mengatakan, 'Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku bersedekah sesuatu untuknya?' Nabi SAW menjawab, 'Iya, bermanfaat.' Kemudian Sa'ad mengatakan kepada Beliau, 'Kalau begitu, aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya'. (HR Bukhari no 2756)

Jadi, ada enam hal yang bisa disimpulkan tentang bagaimana seorang anak memberikan baktinya kepada orangtua yang sudah tiada, yaitu:

1. Mendoakan kedua orangtua
2. Banyak meminta ampun kepada Allah untuk kedua orangtua
3. Memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia
4. Menjalin hubungan dekat dengan keluarga keduanya
5. Memuliakan teman dekat keduanya
6. Bersedekah atas nama keduanya

Semoga kita bisa mengamalkannya. Karena berbakti kepada orangtua adalah jalan termudah untuk masuk surga.




Mematahkan Mitos Menikah di Bulan Syawal

Sebelumnya

Menyibak Rahasia Syawal

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur