Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengenakan masker produksi Iwan Gunawan/Instagram
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengenakan masker produksi Iwan Gunawan/Instagram
KOMENTAR

PERANCANG busana kawakan sekaligus selebriti Ivan Gunawan, atau kerapkali disapa Igun memiliki cara tersendiri untuk membantu sesama di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi di Indonesia.

Dia memproduksi masker kain untuk diberikan secara gratis kepada sesama. Hal itu terungkap dalam wawancara virtual Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Ivan Gunawan yang diunggah ulang ke kanal YouTube Ganjar Pranowo.

"Jadi kebetulan saya ada brand ready to wear, namanya Jajaka. Brand itu suka pakai bahan kaos," ceita Igun ketika ditanya Ganjar soal produksi masker gratis yang dilakukannya.

"Pada waktu itu, tamu di Brownis (program acara televisi), ribut mau beli masker mahal. Mau Beli masker susah. Akhirnya setelah saya cari-cari tahu kok ada masker kain," sambungnya.

Igun mengaku, pada saat itu dia belum menyadari bahwa pemerintah menganjurkan untuk menggunakan masker kain demi menghindari penularan virus corona.

"Karena saya sebel sendiri mau cari masker susah jadi ketergantungan pada orang, akhirnya saya ada vendor tukang jahit dan minta dibuatkan masker kain," jelasnya.

"Dia (vendor tukang jahit) kasih harga tidak terlalu mahal. Sampai akhirnya diproduksi saat ini sudah 6.000 masker dan masih berjalan terus," sambung Igun.

Meski mampu memproduksi masker dalam jumlah banyak dan cepat, Igun tidak mau memanfaatkan hal tersebut untuk meraup keuntungan, terlebih di situasi pandemi seperti saat ini.

"Saya secara pribadi tidak tega untuk memperjual-belikan masker," kata Igun, disambut acungan jempol dari Ganjar.

"Karena saya sempat merasakan gimana susahnya cari masker," sambungnya.

Igun mengaku, masker yang dia produksi dibagikan secara gratis. Mulanya dibagikan kepada pegawainya, kemudian keluaranya, tetangganya, lalu ke sejumlah instansi, termasuk sekolah dan rumah sakit.

Melalui apa yang dilakukannya, Igun berharap bisa mengedukasi orang-orang di sekitarnya mengenai penggunaan masker kain serta pentingnya menjaga kebersihan masker kain.

"Jadi saya mengedukasi orang-orang di sekitar saya, kita mencuci masker seperti kita mencuci pakaian dalam kita sendiri. Jangan sampai tertukr ke orang lain atau jangan sampai menimbun di cucian kotor," jelas Igun.

"Kalau saya malah, kalau kita mandi, durasi terakhir itu untuk mencuci masker sendiri. Jadi kita bisa tahu seberapa bersih sih kita bisa menggunakan nya besok lagi," tutupnya.




Dari Shandy Aulia hingga Ashanti Tertahan di Dubai Imbas Banjir

Sebelumnya

Kisah Chicco Jerikho Didiagnosis Sepsis Hingga Harus Memakai Alat Pacu Jantung

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Entertainment