Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin/Net
Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin/Net
KOMENTAR

MALAYSIA kehilangan 2,4 miliar ringgit atau Rp 8,4 triliun (Rp 3.532/ringgit) setiap harinya selama perintah kontrol gerakan atau movement order control (MCO) diberlakukan guna menghentikan penyebaran virus corona baru.

Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam sebuh pidato pada Sabtu (25/4). Kendati begitu, ia mengatakan MCO saat ini diperlukan untuk menyelamatkan nyawa meski harus melumpuhkan ekonomi nasional.

"Tapi kami tidak punya pilihan. Kami harus mengambil langkah itu dan menangani dampaknya," ujar Muhyiddin seperti dikutip The Star.

"Setiap orang akan terpengaruh karena bisnis tidak dapat berjalan dan ekspor dihentikan. Kami membutuhkan rencana. Jika MCO berlanjut tanpa perencanaan yang tepat, ekonomi yang dibangun Malaysia selama enam dekade akan runtuh," lanjutnya menjelaskan.

"Penundaan satu bulan dalam mengambil langkah-langkah yang telah kami ambil akan berdampak buruk bagi seluruh perekonomian kami. Paket stimulus ekonomi 260 miliar ringgit ditujukan untuk melindungi ekonomi kita," katanya.

Muhyiddin mengatakan, prioritas saat ini adalah untuk meminimalisir hilangnya pekerjaan. Untuk mengurangi dampaknya, ia jugamengatakan Kementerian Keuangan diberi waktu dua minggu untuk merumuskan paket stimulus ekonomi.

Menurut Muhyiddin, saat ini pemerintah sedang mempertimbangkan usaha kecil dan menengah (UKM) sebagai pilar penting ekonomi.

Muhyiddin mengatakan, memastikan rakyat Malaysia aman pada saat dan setelah pandemik adalah prioritas utama.

"Bagi saya, bahkan satu kematian adalah kerugian besar bagi negara. Itulah sebabnya tindakan ini kami ambil," ujarnya.




Fokus pada Segmen Ritel, Bank Mega Syariah Perluas Jangkauan Nasabah untuk Halal Lifestyle

Sebelumnya

Direksi Minimarket di Malaysia Didakwa Menghina Agama karena Menjual Kaus Kaki Bertuliskan “Allah”

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News