Kelompok singa di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan asik tidur siang di tengah jalan/BBC
Kelompok singa di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan asik tidur siang di tengah jalan/BBC
KOMENTAR

ADA yang berbeda dari suasana di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan beberapa waktu belakangan. Para singa yang tinggal di situ bisa "libur" sejenak dari kunjungan wisatawan yang biasanya ramai berdatangan.

Hal itu terjadi karena taman nasional tersebut, dan juga taman margasatwa lainnya di Afrika Selatan, ditutup sejak 25 Maret lalu.

Penutupan itu dilakukan sebagai bagian dari lockdown atau penguncian nasional yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengerem penularan virus corona atau Covid-19 yang terjadi di negara tersebut. Akibatnya, taman nasional pun sepi tanpa pengunjung.

Di tengah penutupan, masih ada penjaga taman nasional yang bekerja untuk melakukan patroli di dalam taman nasional itu. Mereka bertugas untuk memastikan para satwa liar bebas dari pemburu liar. Salah satu di antara penjaga yang bertugas adalah Richard Sowry.

Dia berhasil mengabadikan momen langka yang terjadi di dalam taman nasional. Ketika sedang berpatroli pada hari Rabu (15/4), dia menemukan sekelompok singa tengah asik tidur siang di jalan aspal di dalam taman nasional itu. Jalan itu dibuat untuk tur wisata, di mana para wisatawan biasanya bisa secara langsung melihat singa dari dekat.

Para singa itu tampak menikmati waktu tidur siang mereka. Bahkan ketika Sowry mengambil foto mereka dengan ponsel dari jarak sekitar 5 meter, mereka pun tampak tidak terganggu.

"Singa sudah terbiasa dengan orang di kendaraan," jelasnya.

"Semua hewan memiliki lebih banyak rasa takut naluriah dari orang-orang yang berjalan kaki, jadi jika saya berjalan, mereka tidak akan pernah membiarkan saya begitu dekat," jelasnya, seperti dimuat BBC.

Sowry mengaku, hal itu bukanlah pemandangan yang biasa dia lihat. Biasanya, dia hanya melihat singa tidur di jalan-jalan taman pada malam hari.




Pemerintah Arab Saudi Larang Jemaah Haji Merekam Video Berdurasi Panjang, Simak Ketentuannya

Sebelumnya

Tokoh Pers dan Perfilman Nasional Salim Said Meninggal Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News