dr Reisa Broto Asmoro/Net
dr Reisa Broto Asmoro/Net
KOMENTAR

PEMERINTAH mendesak warga untuk mengenakan masker kain saat keluar rumah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 yang saat ini terjadi.

Namun sebenarnya, penggunaan masker kain tidak bisa sembarangan, salah satunya adalah masker kain tidak boleh digunakan lebih dari empat jam.

Setelah dipakai, masker harus segera dicuci bersih dan dikeringkan. Karena itu, baiknya setiap orang memiliki minimal tiga buah masker kain.

Mencuci masker kain pun tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Lewat IG TV, dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan enam langkah mencuci masker kain dengan benar.

"Yang pertama adalah, siapkan bahan-bahan untuk mencuci masker kain. Yaitu detergen atau penghilang noda, air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat Celcius, baskom, sarung tangan dapur, jepit dan jemuran pakaian, serta handuk bersih," jelas dr Reisa.

Kedua, cuci tangan terlebih dulu dengan sabun dan air mengalir sebelum mencuci masker. Gunakan sarung tangan dapur dan lanjutkan dengan mengisi baskom dengan air dan campurkan dengan deterjen atau pemutih sesuai dengan instruksi yang ada pada kemasan. Aduk hingga rata.

Ketiga, rendam masker ke dalam larutan detergen dan diamkan selama 10 menit.

"Keempat, setelah 10 menit tekan-tekan masker dengan lembut dan perlahan menggunakan tangan. Jangan menguceknya terlalu kuat untuk menghindari kerusakan serat kain serta menjaga efektivitas masker kain. Bilas masker dengan air mengalir, pastikan tidak ada sisa pembersih di dala kain," lanjut dr Reisa.

Keenam, serat cairan berlebih di masker dengan menepuk-nepuk tiap sisi masker menggunakan handuk bersih. Lalu jemur masker di tempat yang terpapar cahaya matahari, panas serta memiliki ventilasi udara yang baik.

Jangan lupa cuci tangan kembali dengan air mengalir dan sabun.

"Walaupun masker kain tampak sederhana, namun cara mencucinya tidak boleh asal-asalan agar efektivitas dan kebersihannya terjaga," saran dia.

"Memang masker kain tidak lebih baik dari masker bedah, namun lebih efektif dibanding tanpa proteksi apapun, terutama saat kita berada di luar rumah. Ternyata masker kain itu cukup untuk mengurangi percikan saluran napas atau droplet dan virus Corona sebanyak 71 hingga 97 persen," ungkapnya.




Kenali Arthritis alias Radang Sendi, Cegah dengan 4 Langkah Ini

Sebelumnya

5 Cara Cegah Sakit Saat Suhu Panas Melanda Indonesia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health