Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

VIRUS corona atau Covid-19 saat ini tengah menjadi pandemi global. Virus yang menyerang saluran pernapasan itu mewabah di hampir seluruh negara dan wilayah di dunia, termasuk Indonesia.

Demi mengerem penularan virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah mendorong agar warga melakukan sejumlah upaya pencegahan, seperti menjaga pola hidup bersih sehat, menjaga jarak sosial serta melakukan karantina mandiri.

Namun, kondisi tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan potensi bahaya lainnya, yakni kegemukan atau kelebihan berat badan.

"Saya tidak tahu apakah kita akan keluar dari pengalaman ini lebih kuat, tetapi kita akan menjadi lebih gemuk," kata ahli gizi Beatrice de Reynal dikutip dari AFP.

Kekhawatiran senada diungkapkan oleh pelatih olahraga, kesehatan, Julian Mercier.

"Itu akan terjadi pada kita semua, bahkan jika kita mencoba berolahraga," kata Mercier.

Kekhawatiran itu bukan tanpa alasan. Pasalnya dengan karantina mandiri dalam waktu yang lama, godaan untuk makan enak sulit ditolak.

"Saya yang pertama beralih ke cokelat daripada apel," aku Mercier.

"Dan itulah yang berisiko menjadi kehancuran kita," sambungnya.

Kekhawatiran itu juga dipaparkan oleh British Nutrition Foundation. Lembaga itu memperingatkan bahwa tinggal sendirian dan berjuang mengatasi tekanan situasi, serta khawatir tentang apakah mereka akan memiliki pekerjaan untuk kembali, dapat mengarahkan orang ke makan berlebihan.

Sementara itu, ahli gizi Jennifer Aubert mengungkapkan bahwa dengan melakukan sedikit atau tidak ada kegiatan fisik yang biasanya kita lakukan, orang dewasa cenderung membakar hingga 400 kalori lebih sedikit sehari.

Dia memperingatkan bahwa ada baiknya untuk mencoba mengurangi porsi makan dan bergerak sebanyak-banyaknya meski beraktivitas di dalam rumah.

"Makanan bisa menjadi penghiburan dan mudah makan berlebihan ketika menghabiskan begitu banyak waktu di rumah, terutama jika Anda suka memasak untuk menghabiskan waktu," begitu keterangan yang dirilis oleh British Nutrition Foundation.

Salah satu cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga diri dari potensi kegemukan adalah dengan memasak untuk diri sendiri dan membuat jadwal teratur.

"Saya mengerti bahwa mudah jatuh ke dalam menonton televisi atau berbaring di sekitar sambil membaca dan ngemil. Saya adalah orang pertama yang melakukannya," kata Koki selebritas Inggris, Jamie Oliver.

"Tetapi periode ini adalah kesempatan besar untuk mengajarkan anak-anak dan remaja cara memasak hidangan sederhana. Dan ketika saya di rumah saya cenderung memasak dengan sedikit lemak dan gula," tutupnya.




Ingin Otak Lebih Sehat, Turunkan Tekanan Darahmu

Sebelumnya

Ingin Punya Daya Ingat Lebih Baik di Usia Lanjut? 4 Nutrisi Ini Jaga Otak Tetap Aktif

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Health