post image
Disainer Frida Aulia (kanan) bersama model yang mengenakan busana batik rancangannya/ Foto: Agung Hadiawan
KOMENTAR

BERBUAT baik bisa dimulai dari hal kecil, untuk sesuatu yang bermanfaat besar. Ini yang dilakukan Frida Aulia, disainer asal Kota Bogor. Ketika masyarakat Indonesia dilanda duka menghadapi pandemi virus corona Frida merasa harus berbuat sesuatu yang berarti.

“Niat baik ini bermula dari pelanggan butik saya yang kebanyakan adalah dokter dan suster. Saya buatkan APD untuk mereka, gratis,” ujar Frida saat dihubungi Farah, Senin (6/4).

Pemilik Butik Neng Geulis ini membuat Alat Pelindung Diri (APD) dan masker untuk dibagikan secara gratis kepada tenaga medis di beberapa rumah sakit dan masyarakat di sekitar Bogor.

Frida bercerita bahwa pembuatan APD ini semula tidak diproduksi secara banyak karena keterbatasan bahan baku dan SDM.  

“Sehari hanya jadi 14 potong APD dan Itu semua sudah dipakai di rumah sakit di Kota Bogor, saya ingin memproduksi lebih banyak tapi kembali lagi ke SDM, dan memang karena bahan bakunya mahal,” jelas Frida yang kerap menggelar fashion show di mancanegara.

Selain baju hazmat, Frida juga membuat masker dari bahan batik yang menjadi ciri khas Butik Neng Geulis. “Produksinya belum terlalu banyak, baru 300 pcs perhari. Penjahit setor 65 pcs dari dua helai kain batik. Dalam pembuatan masker dan APD, saya melibatkan UKM dan penjahit, biar sama-sama dapat rezeki,” ujar ibu dua anak yang ramah ini.

Donasi yang semula dari Frida pribadi, saat ini, mulai banyak komunitas yang ikut berdonasi bersamanya, antara lain Program Sejuta Masker Dekranasda Kota Bogor, Program KCBI Kota Bogor, Program Seribu Masker dari Agrianita IP dan Program Berbagi Cinta PERWIRA, Perkumpulan Perempuan Wirausaha Seluruh Indonesia DPC Kota Bogor.

“Kalau sebelumnya saya secara pribadi, saat ini untuk masyarakat melalui komunitas yang akan berdonasi. Banyak juga yang mau membeli masker batik saya, tapi saya tidak jual,” katanya.

Apa yang sudah dilakukannya saat ini, bagi Frida, bukanlah sesuatu yang besar. Ia hanya melakukan semampu yang bisa ia lakukan dari rumah.

“Pokoknya ini hadiah buat aku sendiri. Diniatkan untuk berbagai, dimulai dari orang terdekat dulu seperti pelanggan saya, tetangga rumah dan masyarakat Bogor khususnya." ucapnya.

"Mungkin sudah banyak Frida-Frida lain yang saat ini juga memproduksi masker sendiri. Yang terpenting niat baik tersampaikan untuk orang-orang yang membutuhkan,” demikian Frida. (F)

Close X

Lawan Covid-19 Lewat Penelitian, Merk Fashion Bottega Veneta Gelontorkan Dana Rp 7 Miliar

Sebelumnya

Mengintip Jaket Pelindung Diri Nan Modis Ala Anne Avantie

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Fashion World