Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net
KOMENTAR

DOKTER pemerhati nutrisi, Tan Shot Yen ikut angkat berbicara soal virus corona atau Covid-19 yang saat ini tengah mewabah di Indonesia.

Sebagai ahli nutrisi, dokter yang praktek di daerah Tangerang Selatan ini, menjelaskan bahwa setidaknya ada lima jurus ampuh melawan virus corona. Yakni:

1. Physical distancing

Langkah ini juga sangat didorong oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) demi mengerem penyebaran virus corona.

"Jangan main-main dengan virus. Mau sehat seperti apa, kalau dikeroyok virus yang daya tularnya tinggi, tengkurep juga kita," imbaunya.

2. Pola makan sehat seimbang

Dokter Tan menekankan bahwa pola makan sehat seimbang adalah hal yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Terlalu banyak mengkonsumsi salah satu jenis makanan pun, sudah tidak seimbang lagi," tekannya.

3. Cuci tangan menggunakan sabun

Atau dengan kata lain, juga menjaga pola hidup bersih sehat.

"Tangan bersih tapi meja tidak dilap. Ingat kita sekarang berhadapan dengan virus yang tidak terlihat," ujar Dokter Tan.

"Pegang-pegang fasilitas publik, habis cuci tangan ya percuma. Pakai sarung tangan lebih konyol lagi. Mindahin virusnya kemana-mana," tambahnya.

4. Cukup istirahat

Tidur cukup setidaknya tujuh jam tidur membantu menjaga kesehatan tubuh.

"Tubuh bukan versi kuota unlimited. Kalau kamu bisa tidur selama tujuh jam berarti tubuh kamu akan bugar dan sehat," sambung Dokter Tan.

5. Dapatkan cahaya matahari cukup dan terpapar kulit langsung

"Jam 10 pagi, selama 15 menit. Agar UVB (Ultraviolet B) yang mengandung PRO vitamin D bisa dibuat tubuh menjadi vitamin D3 yang berperan dalam sistem imunitas," tekannya.

Lebih lanjut, Dokter Tan menjelaskan, selain imunitas tubuh yang baik, hal penting yang juga perlu dilakukan di masa wabah virus corona saat ini adalah isolasi diri di dalam rumah, terlepas dari orang tersebut sehat atau tidak. Pasalnya, bukan tidak mungkin virus tersebut sudah menempel pada tubuh kita atau belum.

"Makanya kalau kamu sebenarnya sudah tertular tapi belum memiliki gejala dan malah menyebarkannya kepada orang lain maka kamu membuat penyebaran virus ini semakin cepat dan meluas. Untuk itu isolasi adalah langkah paling tepat yang harus kamu lakukan. Dengan mengunci diri di rumah kamu membantu memutuskan rantai penyebaran ini," tekan Dokter Tan.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa hal lain yang juga tidak kalah penting adalah untuk tidak panik.

"Begitu kalian mulai panik, daya tahan (tubuh) anjlok, begitu daya tahannya anjlok, virusnya semakin happy," ujar Dokter Tan.

"Makanya lebih baik kamu buat dirimu bahagia daripada membiarkan virus tersebut yang kesenangan di tubuhmu," tegasnya.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health