Dokter Tirta Mandira Hudhi/Net
Dokter Tirta Mandira Hudhi/Net
KOMENTAR

VIRUS corona atau Covid-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi global membawa banyak dampak negatif secara mendadak. Bukan hanya dari segi medis, tapi juga ekonomi, politik dan sosial.

Namun, sebenarnya, jika mau melihat lebih dekat, ada sisi positif dari wabah virus corona yang saat ini terjadi.

Dokter nyentrik, Tirta Mandira Hudhi atau yang lebih dikenal dengan nama Dokter Tirta menjelaskan sisi lain dari virus corona.

"Ini (virus corona) adalah common enemy (musuh bersama), alien, tidak kasat mata," kata Dokter Tirta di podcast Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

Karena itulah, jelas Dokter Tirta, wabah virus corona yang saat ini terjadi harusnya menjadi momen bagi warga Indonesia bersatu memeranginya.

Selain itu, sambungnya, wabah virus corona juga membuat warga Indonesia sadar soal pentingnya hidup sehat dan menjaga kebersihan diri.

Untuk diketahui bahwa virus corona menular melalui droplet atau percikan kecil yang keluar ketika seseorang yang terinfeksi virus tersebut batuk atau bersin. Virus itu ikut keluar bersama ingus atau air liur orang yang terinfeksi.

Selain menular secara langsung, virus itu juga bisa bertahan di permukaan benda. Bila tersentuh oleh seseorang dan orang tersebut memegang wajah, terutama bagian mulut, hidung dan mata tanpa terlebih dulu mencuci tangan, maka potensi penularan virus corona akan sangat tinggi.

Karena itulah, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, bahwa cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain.

Selain itu, pencegahan lain yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, sehingga imun tubuh pun terbentuk dengan baik. Imun tubuh yang baik akan sangat membantu menangkal virus corona.

Dokter Tirta menggarisbawahi, pola hidup sehat dan bersih semacam itu semakin disadari oleh warga Indonesia saat ini setelah virus corona mewabah.

"Ada sisi baiknya dari virus corona, meskipun hanya satu persen," kata Dokter Tirta

"Orang sadar akan pola hidup sehat dan hidup bersih. Jogging, latihan kardio, makan sehat, cuci tangan, jika batuk ditutupi dan jika meludah tidak sembarangan," jelasnya.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health