Jeruk/Net
Jeruk/Net
KOMENTAR

VIRUS corona baru atau Covid-19 yang saat ini tengah menjadi pandemi global menjadi perhatian banyak pihak. Semua pihak melakukan daya dan upaya untuk menagani virus ini.

Ketika di satu sisi para petugas medis berjuang membantu menangani pasien, di sisi lain para peneliti berlomba-lomba untuk mencari tahu lebih dalam soal penanganan Covid-19, termasuk vaksin serta pencegahannya.

Para peneliti di dunia sepakat bahwa langkah pencegahan yang bisa dilakukan sejauh ini untuk menangkan penularan virus corona adalah dengan rajin cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak sosial, berdiam diri di rumah serta menjaga pola hidup sehat demi meningkatkan imunitas tubuh.

Namun, pekan ini, tim peneliti dari dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University dan Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University melakukan penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin ini disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus," kata Guru Besar IPB University yang juga Kepala Pusat Biofarmaka Tropika (TropBRC), Prof Irmanida Batubara.

"Dimanakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih," sambungnya.

Dia menjelaskan bahwa mungkin jus jeruk akan terasa sedikit pahit jika ditambahkan kulitnya. Namun hal itu merupakan bagian penting.

"Tahanlah sedikit rasa pahit ini, karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," sambung Prof Irmanida, seperti dimuat di situs resmi IPB, ipb.ac.id.

Namun, dia menambahkan bahwa bagi mereka yang tidak sanggup mengonsumsi rasa pahit, alternatif lainnya bisa juga membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya.

Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi oleh kita. Karena itu, penting untuk mencuci jeruk dengan baik terlebih dahulu.

"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya," demikian Prof Irmanida.

Meski demikian, dia menggarisbawahi, hasil kajian ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.




Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Aedes Aegypti yang Jadi Penyebab Demam Berdarah

Sebelumnya

Cara Tepat Merawat Luka Bakar untuk Mencegah Infeksi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Health