KOMENTAR

SYARAT rumah bersih adalah bebas dari segala hama, seperti kecoak, nyamuk, rayap, dan tentunya tikus. Nah, hewan yang terakhir ini kehadirannya di rumah sangat mengganggu lantaran ia membawa berbagai penyakit seperti leptospirosis, salmonellosis, rat nite fever, dan yang sekarang sedang hangat-hangatnya adalah Hantavirus.

Penyakit baru ini sangat berbahaya loh, Bunda. Sebab di China, sudah ditemukan kasus pertama orang yang meninggal karena terinfeksi hantavirus. Jadi, yuk mulai sekarang bebaskan rumah dari binatang pengerat ini, agar semakin nyaman dan kesehatan keluarga terjamin.

Bunda bisa mengikuti 8 langkah di bawah ini agar terhindar dari Hantavirus.

1. Gunakan kapur Barus. Selain ampuh membasmi kecoa dan semut, kapur Barus juga dipercaya mempan mengusir tikus. Caranya mudah, sebar beberapa kapur Barus di tempat yang sering dilintasi tikus. Tapi, jauhkan dari jangkauan anak-anak, ya Bunda!

2. Deterjen juga bisa loh membasmi tikus. Caranya, campur 2 sendok deterjen dengan seperempat teks air dan 2 cangkir amonia dalam mangkuk. Tempatkan pada jalan yang biasa dilalui tikus. Sebab, tikus tidak suka dengan bau amonia.

3. Pakai minyak peppermint. Celupkan bola kapas ke dalam minyak peppermint dan tempatkan di lubang tikus. Bau mint akan mengecilkan paru-paru tikus dan dianggap bisa membunuhnya.

4. Potongan rambut. Percaya atau tidak, tikus itu paling tidak tahan melihat rambut manusia. Sebab mereka cendrung menelan rambut yang berakibat membunuhnya. Jadi, potong beberapa helai rambut dan letakkan ke dalam lubang tikus atau tempat yang sering dilaluinya.

5. Taburkan lada, karena bau pedas lada akan membuat tikus kesulitan bernapas. Cukup taburkan lada yang dihancurkan ke setiap sudut dan lubang di mana mereka berada

6. Letakkan daun salam di daerah rawan tikus. Tikus suka dengan daun salam, padahal daun tersebut bisa membunuhnya.

7. Bawang Bombay ternyata sangat efektif menyingkirkan tikus. Baunya yang menyengat akan membuat tikus lari. Iris saja bawang dan simpan di setiap lubang.

8. Taburkan bedak bayi. Meskipun metode ini tidak begitu efektif, tapi tidak ada salahnya mencoba, kan Bunda?

 




Film Horor dan Dampak Psikologisnya terhadap Anak

Sebelumnya

Tidak Mendapat Hak Waris, Ini yang Nanti Diterima Anak Adopsi

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family