KOMENTAR

WABAH virus corona telah melanda Indonesia. Serentak masyarakat dibuat panik dan mendesak agar pemerintah melakukan lockdown.

Pejabat, politisi, bahkan orang awam, sama-sama menyerukan desakan lockdown karena dianggap sebagai perlindungan agar virus tidak semakin menyebar.

Hingga hari ini, walau pemerintah telah menetapkan status bencana nasional, pemerintah belum akan memberlakukan lockdown.

Sebenarnya, lockdown memiliki arti yang sama dengan isolasi. Tindakan ini adalah baian dari pencegahan suatu wabah.

Ternyata isolasi pernah terjadi di zaman Rasulullah SAW.

Di zaman Rasululullah SAW pernah terjadi wabah kusta yang menular dan mematikan sebelum diketahui obatnya. Kala itu, Rasulullah SAW memerintahkan untuk tidak dekat-dekat atau melihat orang yang mengalami kusta atau lepra.

Dalam sebuah hadist, Rasullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda:

 لاَ تُدِيمُوا النَّظَرَ إِلَى الْمَجْذُومِينَ

Artinya: "Jangan kamu terus menerus melihat orang yang menghidap penyakit kusta." (HR Bukhari)

Nabi Muhammad SAW juga pernah memperingatkan umatnya untuk tidak dekat dengan wilayah yang sedang terkena wabah. Dan sebaliknya jika berada di dalam tempat yang terkena wabah dilarang untuk keluar.

Seperti diriwayatkan dalam hadits berikut ini:

إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلاَ تَدْخُلُوهَا، وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلاَ تَخْرُجُوا مِنْهَا

Artinya: "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari)

Namun, dalam Alquran disebutkan pula larangan meninggalkan kampung atau kawasan yang sedang dilanda musibah.

اَلَمْ تَرَ اِلَى الَّذِيْنَ خَرَجُوْا مِنْ دِيَارِهِمْ وَهُمْ اُلُوْفٌ حَذَرَ الْمَوْتِۖ فَقَالَ لَهُمُ اللّٰهُ مُوْتُوْاۗ ثُمَّ اَحْيَاهُمْۗ اِنَّ اللّٰهَ لَذُوْ فَضْلٍ عَلَى النَّاسِ وَلٰكِنَّ اَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَشْكُرُوْنَ

Artinya: Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang keluar dari kampung halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati; maka Allah berfirman kepada mereka:"Marilah kamu", kemudian Allah menghidupkan mereka. Sesungguhnya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur. (QS. Al baqarah: 243).

Pemerintah belum bisa melakukan lockdown karena banyak hal yang harus dipertimbangkan terkait dampak-dampak lainnya.

Sebagai pencegahan lain, masyarakat diharapkan untuk tetap menjaga kebersihan. Muslim pun disarankan untuk sering berwudhu agar kuman dan virus yang ada dianggota tubuh bersih dan terhindar dari penyakit.




Ana Khairun Minhu

Sebelumnya

Hubbu Syahwat

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Tadabbur