Asma Nadia bersama suami dan kedua anaknya yang semuanya aktif menulis buku/ Foto : ig@asmanadia
Asma Nadia bersama suami dan kedua anaknya yang semuanya aktif menulis buku/ Foto : ig@asmanadia
KOMENTAR

MENULIS adalah hal yang paling menyenangkan. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, serta dalam mood seperti apapun. Menulis juga mampu membuat orang yang sedang galau menjadi lebih semangat.

Begitu pesan Keluarga Penulis, sebuah keluarga sederhana yang berisi ayah, ibu, dan seorang putri serta seorang putra. Keempatnya menjadi penulis handal, bukan sekadar karena bakat turunan, tapi juga karena sadar bahwa menulis mampu membuka jendela dunia.

Adalah pasangan Isa Alamsyah dan Asma Nadia dengan dua anak mereka Putri Salsabila dan Adam Putra Firdaus, si Keluarga Penulis itu. Menurut mereka, dengan membaca kita akan mengenal dunia dan dengan menulis kita akan dikenal dunia. Maka, jadikan keduanya tuntunan hidup.

"Sebenarnya tanpa disadari kita adalah seorang penulis. Coba saja buka wall Facebook atau Instagram, atau apalah medsos sekarang ini, isinya pasti tulisan semua perasaan si pemilik akun. Yang membedakan adalah baik atau tidaknya tulisan, dan jika ingin menjadi penulis profesional ada dasar-dasar yang harus dipelajari," kata Asma Nadia saat launching buku terbarunya 'Bidadari Berbisik' di Panggung Utama Islamic Book Fair (IBF) 2020, Jakarta Convention Center Senayan, Rabu (26/2).

Begini tips menjadi penulis yang baik ala Keluarga Penulis:

1. Perbanyak Literasi

Tulisan yang baik adalah tulisan yang memiliki banyak informasi. Dari mana informasi di dapat? Dengan memperbanyak literasi, membaca buku, mendengar banyak informasi, dan lainnya.

2. Biasakan Berimajinasi

Selain literasi, berimajinasi juga memberikan kemudahan untuk menciptakan tulisan. "Kalau kami biasanya membiasakan diri dengan saling menyusun kata. Kami kumpul berempat, terus saya memulai dengan sebuah kalimat. Nah, ayah Isa, Salsa dan Adam harus melanjutkan kalimat saya dengan imajinasinya masing-masing," ujar Asma.

3. Jadi Diri sendiri

Di luar sana banyak penulis yang memberikan contoh tulisan mereka, bagaiman gaya hasil tulisan mereka dapat booming di pasaran. "Saran saya, coba pakai kacamata kuda. Maksudnya, bukan tidak mau menerima kritikan atau masukan orang, tetapi lebih pada apa yang kita inginkan dulu. Kalau begitu, maka tulisan kita akan menjadi beda dengan tulisan penulis yang lain. Nah, hal itu yang bisa membuat buku kita nanti dilirik orang," saran Salsa.

Jangan lupa juga belajar secara teoritik tentang bagaimana menjadi seorang penulis yang baik. Tutup Adam.




Memilih Alpukat yang Tepat untuk Disantap

Sebelumnya

Tak Perlu Dicuci, Ini Cara Membersihkan Daging Sebelum Dimasak

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Family