post image
Bayi baru lahir yang terinfeksi virus corona di Wuhan/Daily Mail
KOMENTAR

SEORANG bayi yang baru lahir di kota Wuhan, China menjadi pasien termuda yang didiagnosis terinfeksi virus corona. Sang bayi dinyatakan positif terinfeksi virus corona selang 30 jam setelah dia lahir. Sang ibu telah lebih dulu dinyatakan positif terinfeksi virus corona sebelum melahirkan.

Sang bayi pun harus dirawat di Rumah Sakit Anak Wuhan yang ditunjuk pemerintah untuk merawat anak yang terinfeksi virus corona baru.

Kondisi ini membuat para dokter di negeri tirai bambu khawatir bahwa infeksi virus yang belum ada vaksin dan obatnya itu bisa ditularkan dari ibu ke bayi mereka di dalam rahim. Namun dugaan ini masih harus dikaji lebih jauh secarfa ilmiah.

Namun dugaan itu muncul setelah para ahli mengklaim bahwa virus corona baru yang menyerang saluran pernapasan itu mungkin juga disebarkan oleh feses.

Para dokter di rumah sakit itu mengatakan bahwa kondisi bayi itu stabil dan sedang diawasi dengan ketat.

"Ini mengingatkan kita untuk memperhatikan potensi rute penularan baru dari coronavirus - penularan vertikal dari ibu ke bayi," kata  kata Dr Zeng Lingkong, kepala dokter dari Rumah Sakit Departemen Neonatal Medicine, seperti dimuat Daily Mail.

Bayi yang baru lahir itu adalah satu dari dua bayi yang ditemukan oleh Rumah Sakit Anak Wuhan, membawa virus corona.

Bayi lainnya didiagnosis sakit dan terinfeksi virus corona selang 17 hari setelah kelahirannya. Padahal dia lahir dalam kondisi sehat pada 13 Januari lalu.

Pihak rumah sakit mengatakan, keluarganya menyewa perawat untuk merawat sang bayi pada 22 Januari lalu, sebelum dia terinfeksi virus corona. Namun setelah merawat sang bayi, perawat itu justru didiagnosis terinfeksi virus corona.

Ibu bayi tersebut kemudian ditemukan memiliki virus korona pada tanggal 26 Januari. Tiga hari kemudian, sang bayi pun mulai batuk dan demam. Ketika diperiksa, bayi itu didiagnosis terinfeksi virus corona pada 31 Januari lalu.

Petugas medis belum mengkonfirmasi apakah bayi itu telah menangkap virus dari ibunya atau perawatnya. (F)

Close X

Pandemik Covid-19 Jauh Dari Usai, Ini Tips Jitu Dari Para Ahli Untuk Jaga Kesehatan Mental

Sebelumnya

Masker Scuba Berlapis Tisu, Amankah?

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Farah Health