KOMENTAR

PENYEBARAN Wabah Virus corona yang disinyalir berasal dari Kota Wuhan,  membuat nama kota ini mendapat  citra yang 'buruk' di mata dunia. Bahkan Wuhan  menjadi trending topik di media sosial.

Virus Corona yang telah merenggut ratusan jiwa tersebut membuat ibu kota dari Provinsi Hubei ini dikarantina dengan begitu ketat dan untuk pertama kalinya akses kota ini ditutup agar virus corona tidak tersebar semakin luas.

Dibalik citra 'buruk'   tersebut sebenarnya  kota Wuhan memendam pesona dan  keindahan , salah satunya seperti  indahnya  kehidupan perkampungan muslim di Wuhan.

Salah satu kawasan muslim yang terkenal di China adalah Xinjiang. Di daerah tersebut  hampir setengah masyarakatnya adalah muslim dan mereka berasal dari suku Uighur dan Turki. Selain Xinjiang, dikenal juga Qiyi Street Wuchang, salah satu perkampungan muslim yang ada di Kota Wuhan.

Dilansir dari channel youtube Muhammad Hanif Hasballah, digambarkan Qiyi Street menjadi salah satu wilayah yang banyak ditempati  umat Islam.  Di kawasan  tersebut penduduknya  banyak yang berprofesi sebagai pedagang daging segar dan makanan khas China.

Meski kesohor  sebagai kampung muslim, sederet olahan yang dijual di sana tidak  hanya dibeli oleh muslim, tapi  juga penduduk non-muslim. Logo halal pun sangat mudah dijumpai, karena hampir setengah dari penduduk di perkampungan tersebut adalah muslim.

Dalam video Hanif juga menceritakan, perkampungan muslim di Qiyi Street Wuchang memiliki pasar tradisional yang lumayan bersih dan rapi. yang menjual  aneka macam sayur dan buah segar serta sederet daging dan olahan khas China serta  beberapa toko busana.

Sebagai kampung muslim Qiyi Street juga mempunyai tempat beribadah atau masjid. Saat waktu shalat tiba, muazin akan mengumandangkan azan dan dilanjutkan dengan shalat berjamaah.

Wuhan juga memiliki masjid terbesar, yaitu Masjid Jiang'an,  yang selalu menjadi rujukan umat muslim saat akan beribadah. Selain salat lima waktu, juga dilaksanakan salat Jumat yang dilakukan umat muslim.

Pada hari Jumat, Masjid Jiang'an juga sering melakukan bazar dengan menjual aneka macam daging dan olahan serta makanan ringan halal. Selain untuk shalat berjamaah, Masjid Jiang'an juga dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan muslim di Wuhan.  

Wuhan  yang  memiliki luas 1,528 kilometer persegi,  dinobatkan menjadi kota terbesar di wilayah China tengah dengan kepadatan penduduk mencapai 1.200 jiwa per kilometer persegi.

Berdasarkan World Urbanization Prospect, terdapat lebih dari 8.364.977 jiwa, yang mendiami kota tersebut. Wuhan  juga dikenal sebagai kota industri, karena memiliki perekonomian yang kuat dan menjadi lokasi sejumlah industri besar di negara itu.




Menyambungkan Jiwa dengan Al-Qur’an

Sebelumnya

Sempurnakan Salatmu Agar Terhindar dari Perbuatan Keji dan Mungkar

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel Tadabbur