KOMENTAR

HARI ini merupakan hari yang istimewa, bertepatan dengan kesaktian Pancasila. Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini.

Paripurna pelantikan anggota dewan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10) dengan agenda resmi pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB.

Mereka akan diambil sumpah atau janji untuk mengemban tugas selama 5 tahun ke depan.

Beberapa nama yang terpilih di periode ini, terdapat sejumlah nama yang sudah lama mengisi gedung DPR. Di antaranya Bambang Soesatyo dari Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari PKS. Sementara itu, sejumlah wajah-wajah baru yang mewarnai keanggotaan DPR periode ini adalah Hillary Lasut dari NasDem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte Dondokambey dari PDIP.

Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019. Ketua KPU Arief Budiman membacakan satu per satu nama anggota DPR terpilih.

Beberapa nama kemudian tergantikan. Partai Gerindra menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain, yaitu Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI. Mulan Jameela berhasil menjadi anggota DPR RI usai memenangkan gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kemudian Katherine menggantikan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

Kemudian ada nama  Krisdayanti, yang terpilih menjadi anggota legislatif setelah berhasil mengumpulkan sebanyak 132.131 suara. Diusung oleh PDIP, ia mewakili Daerah Pemilihan Jawa Timur V.

Selain Mulan Jameela dan Krisdayanti, ada artis lain seperti Muhammad Farhan atau akrab disapa Farhan, yang berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024. Ia dusung Partai Nasdem, Farhan mewakili Dapil Jawa Barat I.

Terakhir, ada Tommy Kurniawan yang berhasil memperoleh 33.988 suara dan terpilih mewakili Dapil Jawa Barat V. Dia diusung Partai Kebangkitan Bangsa.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar mengatakan, pengucapan janji dan sumpah jabatan akan dipimpin oleh Ketua Mahkamah Agung serta dihadiri oleh Presiden dan Wakil Presiden RI serta tamu undangan lainnya. Ia menjelaskan, guna mengantisipasi adanya aksi demo pada Selasa (1/10).




Salut, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Masuk QS World University Ranking 2024 untuk Subjek Teologi, Ketuhanan & Studi Keagamaan

Sebelumnya

Kementerian Agama Siap Gelar Pelatihan Deteksi Dini Konflik Sosial Keagamaan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News