KOMENTAR

WIRELESS Fidelity atau Wifi, adalah jaringan nirkabel komputer yang banyak digunakan untuk mempermudah aktivitas orang-orang. Saat ini keberadaan wifi sudah begitu familiar bahkan hingga ke pelosok daerah.

Mulanya, wifi digunakan untuk perangkat nirkabel dan Local Area Networks (LAN). Namun, kini wifi telah berfungsi lebih luas lagi menjadi teknologi untuk mengakses internet. Kita bisa menikmati kemudahan koneksi dengan adanya wifi ini.

Namun, tahukah Anda siapa yang mula-mula berjasa dengan keberadaan perangkat ini?

Kecantikannya membuat banyak orang takjub, lebih-lebih kecantikannya itu dibarengi dengan kecerdasannya dalam bidang Matematika. Dialah Hedy Lamarr, aktris papan atas Hollywood yang terkenal dengan filmnya ‘Exctasy’.

Perempuan kelahiran Wina, 9 November tahun 1914,  ini pada 1942 berhasil mematenkan produknya yang disebut dengan sistem komunikasi rahasia menggunakan frekuensi radio dalam bertukar data.

Produk ini dinilai menjadi pondasi yang kuat dan penting dalam teknologi komunikasi. Istri dari Fritz Mandl ini terus mencermati mengenai sistem kerja remote controlled torpedo.  Karena banyaknya hambatan, teknologi ini tidak sampai tahap produksi.

Sekitar tahun 1940, Hedy Lamarr bertemu dengan seorang composser musik, George Antheil. Hedy mengajak George membantunya untuk membuatkan alat yang dapat membantu sinkronisasi. Hanya ada satu cara dalam memanfaatkan titik kelemahannya yaitu dengan menstabilkan sinkronisasi antara sinyal dari penerima dan pengirim. George pun membuat sistem berdasarkan frekuensi 88. Frekuensi ini diciptakan berdasarkan dari jumlah tuts pada piano. Agar terhindar dari jamming maka dilakukan penggulungan kertas yang bisa membantu sinkronisasi antara satu sama lain.

Penemuan itu awalnya disebut Frequency Hopping. Namun kini namanya diubah menjadi spread spectrum dengan ide dasar yang sama. Dan itulah yang kita kenal sebagai wifi.

Sekitar tahun 1997, Hedy Lamarr mendapatkan penghargaan dari Electronic Frontier Foundation. Sayangnya, 3 tahun setelah itu, tepatnya pada tanggal 19 Januari 2000, Hedy menghembuskan napas terakhirnya.




Memaknai Hakikat Perempuan Hebat dari Sosok Mooryati Soedibyo: Empu Jamu Indonesia hingga Menjadi Wakil Rakyat

Sebelumnya

Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel Women