KOMENTAR

DAMMAM -- Delegasi pebisnis Indonesia  melakukan Business Meeting dengan Kamar Dagang dan Industri Propinsi Timur, Arab Saudi (Asharqia Chamber) di Kota Dammam, Kamis, 25 April 2019. Delegasi pebisnis Indonesia dipimpin langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel yang didampingi oleh Ketua Indonesia Saudi Arabia Business Council (ISABC), Hasan Gaido.

Dalam pertemuan tersebut, Anggota Dewan Asharqia Chamber, Mr. Dhary Al-Otaishan menyampaikan bahwa hubungan Indonesia dan Arab Saudi memasuki dimensi baru pasca kunjungan bersejarah Raja Salman ke Indonesia pada bulan Maret 2017. "Hubungan persaudaraan antara kedua negara terus meningkat atas dasar kesamaan keyakinan dan kepentingan, dimana Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Pertemuan Presiden Indonesia dengan Raja Salman dan Putera Mahkota Pangeran Muhammad in Salman dalam kunjungannya ke Arab Saudi di bulan April ini mengkonfirmasi hal tersebut," tuturnya.

Duta Besar Agus mengamini hal tersebut. Menurutnya waktu pelaksanaan pertemuan bisnis ini sangat tepat, sebagai tindak lanjut pertemuan terakhir antara Presiden Indonesia dan Raja Salman serta Pangeran Muhammad Bin Salman yang menekankan pentingya meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan kedua negara. "Dengan semangat Saunesia, sebuah terminologi baru dalam istilah diplomasi yang menggambarkan hubungan istimewa Arab Saudi dan Indonesia, saya yakin hal tersebut dapat direalisasikan," tegas Duta Besar Agus.

Ketua ISABC, Hasan Gaido selaku perwakilan dari dunia usaha juga menyampaikan antusiasmenya. Ia meyakini kedua negara mempunyai potensi bisnis yang sangat besar untuk dijajaki. Hasan menyatakan, "hubungan bisnis kedua negara sebelumnya didominasi dalam kaitannya dengan haji dan umrah. Indonesia ingin lebih meningkatkan perdagangan, investasi, dan pariwisata. Indonesia juga siap untuk berpartisipasi dalam Visi Saudi 2030, khususnya dalam menyediakan sumberdaya manusia profesional".

Pertemuan bisnis tersebut merupakan rangkaian kegiatan para pebisnis Indonesia yang berkunjung ke Arab Saudi sebagai peserta World Franchise Exhibition 2019, pameran internasional yang digelar di Dhahran International Exhibition Center, Kota Al Khobar, Arab Saudi pada 25-27 April 2019. Dalam pameran tersebut, Indonesia kembali memperoleh keistimewaan ditunjuk sebagai tamu kehormatan, setelah sebelumnya pada awal tahun 2019 Indonesia ditunjuk Raja Salman menjadi Tamu Kehormatan dalam Festival Janadriyah.

Perusahaan Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yaitu PT Gaido Azza Darussalam Indonesia dengan berbagai produk, CV. Graha Rejeki Indonesia dengan produk kopi, PT. The Keju Indonesia dengan produk franchise makanan dan minuman, Leny Rafael & Ai. Dentity di bidang fashion, PT. Sinergi Mitra Sejahtera dengan produk Footwear, Shaza by Adelina di bidang Fashion, PT.KEI Distribusi Indonesia / KEISKEI dengan produk Hair & Body Care, CV. Global Mulyo Mandiri dengan produk Kayu Gaharu dan Minyak Atsiri, Go Indonesia di bidang Travel wisata, serta Pinehill Food Arabia Ltd dengan produk mi instan.




Rakerkesnas 2024, Presiden: Indonesia Harus Bisa Manfaatkan Bonus Demografi

Sebelumnya

Tak Lagi Berstatus Ibu Kota, Jakarta Siap Melesat Jadi Pusat Perdagangan Dunia

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Baca Juga

Artikel News