post image
Christiany Eugenia Tetty Paruntu/Net
KOMENTAR

SEJUMLAH tokoh datang ke Istana sejak pagi tadi (Senin, 21/10) untuk bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo. Mereka dipanggil terkait rencana Jokowi untuk mengumumkan nama-nama menteri yang akan berada di kabinet barunya.

Sejumlah tokoh yang merapat ke Istana sejak pagi antara lain adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Tohir dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi Wishnutama.

Namun, di antara para tokoh yang datang ke Istana, ada satu sosok perempuan yang menyita perhatian publik. Dia adalah Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Tetty Paruntu.

Tetty yang tampak modis dengan mengenakan kemeja putih dan kacamata hitam, datang ke Istana tidak lama setelah Mahfud MD. Meski masih bungkam soal tujuannya datang ke Istana, namun dia digadang-gadang akan menjadi salah satu menteri di kabinet pemeritahan Jokowi di periode kedua.

Sosok Tetty sebenarnya bukan orang baru di dunia politik di Indonesia. Wanita yang lahir di Manado, 25 September 1967 itu, adalah bupati terpilih di Kabupaten Minahasa Selatan untuk periode 2010-2015. Dia kembali terpilih untuk masa jabatan kedua mulai tahun 2016 lalu.

Mengutip sejumlah sumber, Tetty merupakan putri dari mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi, Jopie Paruntu dan politikus Jenny Y. Tumbuan.

Dia menyelesaikan pendidikan di SD Budi Mulia Bogor, SMP Budi Mulia Bogor, Harry Carlton Comprehensive School, Suthon Bomington, Notingham, Inggris.

Setelah itu, Tetty melanjutkan pendidikan di Pitman College pada jurusan Manajemen Bisnis. Di samping itu, Tetty Paruntu juga tercatat pernah menempuh pendidikan formal pada West London College, mengambil jurusan Sistem Informasi Managemen.

Kemudian pada tahun 1990, Tetty bersama keluarganya, kembali ke Indonesia dan melanjutkan pendidikan formal di Institut Pengembangan Sumber Daya Manusia Mayagita, LPI.

Sejak saat itu, dia mengibarkan karir di tiga bidang sekaligus, yakni sebagai pengusaha, politisi dan juga pekerja sosial.

Karier politiknya sendiri dimulai dengan bergabung dengan Partai Golongan Karya. Sejak berkiprah dalam partai, Tetty menjabat sebagai fungsionaris DPP Partai Golkar dan merangkap Wakil Bendahara I Partai Golkar Sulawesi Utara.

Sementara dalam bidang sosial kemasyarakatan, kiprah Tetty tercatat aktif dalam beberapa organisasi masyarakat antara lain Eugenia Ministry, Lions Club Jakarta, KNPI Jakarta Selatan. (F)

Tabrak Nenek Dengan Skuter Listrik, Pemuda Ini Terancam Dibui Selama Lima Tahun

Sebelumnya

Lawan Islamophobia, Ratusan Ribu Warga Perancis Turun Ke Jalan

Berikutnya

KOMENTAR ANDA

Artikel News World